Memuji Jenazah Yang Lewat Depan Kita

MEMUJI JENAZAH YANG LEWAT DEPAN KITA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Jika ada jenazah lewat di depan kita, atau kita yang melewati jenazah, atau kita mendengar berita wafatnya seseorang yang kita kenal, maka pujilah kebaikan beliau  selama memang layak. Sebarkan kebaikannya dan doakan beliau. Sebab ada hadis Nabi ﷺ bahwa orang mukmin itu saat wafatnya jika dipuji sesama mukmin, maka itu adalah tanda beliau calon penghuni surga.

«مَرُّوا بِجِنَازَةٍ، فَأَثْنَوْا عَلَيْهَا خَيْرًا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَجَبَتْ. ثُمَّ مَرُّوا بِأُخْرَى فَأَثْنَوْا عَلَيْهَا شَرًّا، فَقَالَ: وَجَبَتْ. فَقَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: مَا وَجَبَتْ؟ قَالَ: هَذَا أَثْنَيْتُمْ عَلَيْهِ خَيْرًا، فَوَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ، وَهَذَا أَثْنَيْتُمْ عَلَيْهِ شَرًّا، فَوَجَبَتْ لَهُ النَّارُ، ‌أَنْتُمْ ‌شُهَدَاءُ اللهِ فِي الْأَرْضِ.». «صحيح البخاري» (2/ 97 ط السلطانية)

Artinya,

“Mereka (para sahabat) pernah melewati satu jenazah lalu mereka menyanjungnya dengan kebaikan. Maka Nabi ﷺ  bersabda: "Pasti baginya". Kemudian mereka melewati jenazah yang lain lalu mereka menyebutnya dengan keburukan, maka Beliaupun bersabda: "Pasti baginya". Maka kemudian 'Umar bin Al Khaththab radliyallahu 'anhu bertanya: "Apa yang dimaksud pasti baginya?". Beliau menjawab: "Jenazah pertama kalian sanjung dengan kebaikan, maka pasti baginya masuk surga sedang jenazah kedua kalian menyebutnya dengan keburukan, berarti dia masuk neraka karena kalian adalah saksi-saksi Allah di muka bumi". (H.R. al-Bukhārī)

$ads={1}

Al-Nawawi menulis,

«قَالَ البنذنيجي رَحِمَهُ اللَّهُ ‌يُسْتَحَبُّ ‌لِمَنْ ‌مَرَّتْ بِهِ جِنَازَةٌ أَنْ يَدْعُوَ لَهَا وَيُسْتَحَبُّ الثَّنَاءُ عَلَيْهَا إنْ كَانَتْ أَهْلًا لِذَلِكَ». «المجموع شرح المهذب» (5/ 281 ط المنيرية)

Artinya,

“Al-Bandanījī raḥimahullāh berkata, “Disunahkan orang yang dilewati jenazah untuk mendoakannya. Disunahkan juga untuk memujinya jika memang layak untuk itu” (al-Majmū‘ juz 5 hlm 281)

*** 

Ucapan orang-orang beriman yang bagaimana yang ingin kau dengar di hari Allah memanggilmu?

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Memuji Jenazah Yang Lewat Depan Kita "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close