Mengenal Pilar-pilar Ka'bah

MENGENAL PILAR-PILAR KA'BAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pilar Kakbah ada empat. Dalam bahasa Arab disebut dengan rukun (الرُّكْنُ)

Keempat pilar tersebut adalah 

1. Rukun Aswad (الركن الأسود) 

2. Rukun ‘Irāqī (الركن العراقي)

3. Rukun Syāmī (الركن الشامي)

4. Rukun Yamānī (الركن اليماني)

Keempat pilar ini menjadi pojok-pojok atau sudut-sudut bangunan kubus Kakbah.

Keempat pilar di atas dipandang sebagai urutan. Artinya yang dipandang pilar pertama Kakbah adalah Rukun Aswad, pilar kedua itu Rukun ‘Irāqī, pilar ketiga adalah  Rukun Syāmī dan pilar keempat adalah Rukun Yamānī. Mengikuti arah tawaf.

$ads={1}

Di namakan Rukun Aswad karena di sana ada Hajar Aswad , yakni sebongkah batu hitam berukuran 25 x 17 cm yang menurut hadis berasal dari surga. Awalnya berwarna putih, tetapi karena dosa-dosa manusia maka berubah menjadi hitam. Tingginya dari tanah adalah 3 Żirā’ kurang 7 jari  atau sekitar 1,1 meter. 

Lokasi Rukun Aswad adalah di sebelah timur, di  dekat pintu Kakbah. Area antara Rukun Aswad dengan pintu Kakbah dinamakan Multazam (الملتزم).  Di Multazam inilah disunahkan banyak berdoa sebab ia salah satu tempat mustajab. 

Jika Anda menghadapkan wajah  ke arah Rukun Aswad ini sambil  membentangkan tangan memeluk dinding-dinding Kakbah,  maka pojok yang ditunjuk tangan  kiri Anda dinamakan Rukun Yamānī. 

Ia di namakan Rukun Yamani karena mengarah ke negeri Yaman.

Gabungan antara Rukun Aswad dengan Rukun Yamani dinamakan al-Ruknāni al-Yamāniyyāni (الرُّكنَانِ اليَمَانيَّان) .

Adapun pilar yang berlawanan dengan Rukun Aswad, maka itulah yang dinamakan Rukun Syāmī karena searah dengan negeri Syām.

Pilar yang berlawanan dengan Rukun Yamānī, maka itulah yang dinamakan dengan Rukun ‘Irāqī karena searah dengan negeri Irak.

Gabungan antara Rukun ‘Irāqī dengan Rukun Syāmī dinamakan al-Ruknāni al-Syamiyyāni (الرُّكنان الشَّاميان) . Kadang disebut juga al-Ruknāni al-Garbiyyāni .

Di antara Rukun ‘Irāqī dengan Rukun Syāmī adalah semacam struktur setengah lingkaran yang dinamakan dengan Ḥijr (الحجر). Kadang juga disebut Ḥijr Ismail. Nama lainnya Ḥaṭīm (الحطيم), Ḥaẓīrah (الحظيرة), atau Jadr (الجدر). 

الله زد بيتك تشريفا وتعظيما وتكريما ومهابة 

وزد من شرفه وكرمه ممن حجه أو اعتمره تشريفا وتكريما وتعظيما وبرا

Oleh: Muafa (Mokhamad Rohma Rozikin/M.R. Rozikin, Dosen di Universitas Brawijaya)

Demikian Artikel " Mengenal Pilar-pilar Ka'bah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close