Maslahah Mursalah dan Bid'ah Hasanah?

MASLAHAH MURSALAH DAN BID'AH HASANAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kelompok Salafi Wahabi menyebut suatu perkara baru yang tak ada di zaman Nabi Muhammad namun dinilai baik saat ini dengan istilah mashlahah mursalah. Mereka tak mau meyebutnya dengan bid’ah hasanah.

Kesimpulannya menurut mereka, sesuatu yang terdapat alasannya untuk dilakukan di zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam dan tidak terdapat suatu penghalang untuk melakukannya, namun dilakukan di masa setelah Nabi, maka hal itu mereka nilai sebagai bid’ah. Adakalanya bid’ah haqiqiyah atau bid’ah idhafiyah.

Sedangkan sesuatu yang tidak terdapat alasannya untuk dilakukan di zaman Nabi, atau terdapat alasan namun untuk dilakukan di zaman Nabi terdapat suatu penghalang, lalu hal-hal tersebut dilakukan setelah masa Nabi, maka hal itu mereka nilai sebagai mashlahah mursalah. Misalnya adalah kodifikasi al-Qur’an, penyusunan hadits, shalat tarawih secara berjamah, dan sebagainya.

Dengan demikian, apabila ada hal baru yang dilakukan setelah masa Nabi Muhammad dan hal itu dinilai baik, oleh kelompok ini tidak disebut sebagai bid’ah hasanah, namun disebut sebagai mashlahah mursalah. Standar semacam ini misalnya dijelaskan oleh Syaikh Ibnu Taimiyah dalam  Iqtidha al-Shirath al-Mustaqim, jilid 1, hal. 276-277.

$ads={1}

Kesimpulan dan standar ini telah dikritik oleh para ulama Ahlussunnah Wal-Jama’ah.

Pertama, contoh-contoh yang dipergunakan oleh Syaikh Ibnu Taimiyah dan pengikutnya tidak tepat.

Kedua, standar ganda dalam pemberian contoh, di mana terdapat beberapa contoh dari perbuatan baru yang mereka tidak menyebutnya tercela, padahal ada alasan untuk dilakukan oleh Nabi dan saat itu tak ada sesuatu yang menghalanginya.

Ketiga, mayoritas ulama empat madzhab secara jelas dan lugas menyebut perbuatan baru setelah masa Nabi dan dinilai baik sebagai bid’ah hasanah, bukan mashlahah mursalah.

Oleh: Faris Khoirul Anam

Demikian Artikel " Maslahah Mursalah dan Bid'ah Hasanah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close