Mengenal Al Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhor

MENGENAL AL HABIB ABDULLAH BIN ABDURRAHMAN AL-MUHDHOR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ketika saya masih di Tareem hadramaut saya sering melihat salah satu pengajar Rubath Tareem yang sangat berwibawa beliau adalah al-Habib Abdullah bin Abdurahman al-Muhdhor akan tetapi pada saat itu saya belum sempat belajar dengan beliau karena masih belum lulus S1 d ial-Ahqof & sedang mengikuti program resmi di Rubath Tareem.

Akhirnya kitika saya lulus dari al-Ahqof tahun 2012 saya meminta kepada guru saya al-Habib Abdurahman bin Abdullah Assegaf Mufti Sewun untuk tetap ada di Tareem selama 1 tahun lagi untuk menyelesaikan program Fiqh di Rubath Tareem & alhamdulillah hal tersebut bisa direalisasikan berkat Rahmat Allah. 

Waktu tambahan satu tahun itu tidak saya sia-siakan sama sekali.saya langsung mendatangi al-Habib Abdullah al-Muhdhor untuk meminta kelas khusus dengan beliau & alhamdulillah beliau langsung menyetujuinya serta menyuruh saya untuk datang ke masjid broom yang berdekatan dengan rumah beliau setiap ba'da zuhur sekitar pukul 1 sampai pukul 3 siang .kemudian setelah selesai kelas dengan beliau saya langsung menuju  kerubath Tareem untuk menyelesaikan kelas Minhaj Tholibin dibawah bimbingan Syeh Muhammad bin Ali Baudhon.

$ads={1}

Alhadulillah dari situ saya bisa mulazamah dengan beliau lebih dari 1 tahun lamanya. banyak pengalaman yang saya dapatkan dengan beliau dari lisan halnya & Maqolnya beliau.saya sering diajak untuk hadir hadrah, ziarah-ziarah ketempat-tempat para wali, berjumpa dengan para ulama yang pada saat itu saya tidak bisa mendapatkannya karena keterbatasan & kesibukan saya sebagai pelajar.

Sampai ketika saya memerlukan tempat untuk tinggal selama beberapa bulan di Tareem untuk menunggu berangkat ke Jordan sebagai Mahasiswa S2 disana beliau memberi saya satu kamar di masjid Broom.selama  itu juga saya berkhidmat & belajar dengan beliau mulai dari jadi Takmir di Masjid Broom & menjadi murid pertama di Zawiyah beliau.

Akan tetapi yang paling bermakna adalah saya Sempat ngurusi Kambing beliau! ( he5) dari mulai beli makanan kambing dengan anaknya sampai ngurusi kandangnya.kemudian beliau mengatakan bahwa :Memelihara Kambing dirumah itu mendatangkan keberkahan karena itu banyak para leluhur Habaib memelihara Kambing karena jika ada makanan sisa dirumah bisa diberikan ke Kambing & jika ada tamu datang kemudian tidak punya hidangan apapapun kita bisa sembelih kambing serta banyak faedah-faedah yang lain diatas itu semua dulu para Nabi banyak yang menggembala kambing.

Pada beberapa bulan itu juga saya banyak belajar dari lisan Hal beliau sebagai seorang ulama dari kalangan Habaib & beliau banyak mengajarkan kepada saya apa makna menjadi seorang keturunan Nabi.malam sebelum saya berangkat ke Jordanpun beliau banyak menasehati saya bahkan memberi saya uang saku kemudian beliau berkata : kamu itu ya Muridku & Anaku.

Ketika beliau mengatakan bahwa akan tinggal di Indonesia dalam waktu yang lama saya sangat senang sekali karena masih bisa belajar & berkhidmat kepada beliau.semoga Allah memanjangkan umur beliau dalam keberkahan.

Diantara kitab-kitab yang saya baca dengan beliau :

1.Matlabul Iqoz karangan al-Habib Abdullah bin husen bil Faqih.

2.Bab Jinayat-Akhir dari kitab Fathul Mu'in.

3.Bab Akhir dari Kitab Misykatul Misbah karangan Syeh Abdullah bin Umar Bamakhromah.

4.beberapa Bab dari kitab Bugyatul Mustarsydin.

5.Kitab Kedua dari al-Asybah wa Nazoir karangan al-Imam Assuyuthi.

Oleh: Habib Ali Baqir al-Saqqaf

Demikian Artikel " Anak Tidak Akur Merupakan Tanggung Jawab Orang Tua "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close