Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah: Bacaan dan Cara Mengamalkannya

ALA HADINIYAH WALIKULLI NIYYATIN SHOLIHAH: BACAAN DAN CARA MENGAMALKANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di majelis taklim, majelis ilmu maupun rangkaian acara tahlilan kita pernah mendengar sang imam mengucapkan kalimat Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah. Kalimat tersebut diucapkan ketika sang imam selesai menyebutkan hajat-hajat dan doa setelah itu di akhiri dengan membaca suratul Fatihah bersama-sama. Apa maksud dari kalimat tersebut dan bagaimana cara membaca/mengamalkannya?

Arti Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah

Sebelum kita mengetahui apa maksud dari kalimat tersebut, kita mesti tahu terlebih dahulu kalimat Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah adalah amaliyah apa?

Tawasul adalah bahasa arab yang berasal dari kata wa-sa-la atau Wasilat/Wasilah. Wasilah merupakan sebuah sarana/perantara seseorang untuk menggapai tujuannya agar keinginannya/doanya cepat sampai/terkabul. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah Swt dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raf ayat 180 tentang tawasul yang artinya:

"Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS.Al-A'raaf:180)

Ada 3 macam tawasul diantaranya Tawasul bi asmaillah, Tawasul bi a’mali shalihah dan Tawasul bis-sholihin. Namun tawasul yang akan kami bahas terkait bacaan Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah yaitu tawasul Bis sholihin (bertawasul dengan orang-orang shalih)

Adapun arti dari bacaan 'Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah' adalah "Atas niat ini dan setiap niat yang baik".

Sebenarnya kalimat tersebut hanya kalimat awalan saja. Agar kamu dapat mengamalkan tawasul bis sholihin kamu dapat mengikuti dari 4 bacaan tawasul di bawah ini dengan sempurna:

$ads={1}

4 Bacaan Tawasul Untuk Meminta Hajat

1. Bacaan Tawasul dengan Keberkahan Al-Qur'an

"Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah Bi Barokati Ummil Qur'an, Al Fatihah"

Artinya: Atas niat ini dan setiap niat yang baik (semoga) diberkahi dengan ummul Quran, Al Fatihah.

2. Bacaan Tawasul dengan Keberkahan Nabi Muhammad Saw

"Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah wa ila hadroti Nabi Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, Bissiril Fatihah"

Artinya: Atas niat ini dan setiap niat yang baik (mudah-mudahan) diberkahi dengan bersholawat kepada nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam 

3. Bacaan Tawasul dengan Keberkahan Al-Qur'an dan Nabi Muhammad

"Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah Bi Barokati Ummil Qur'an, Wa ila Hadrotin Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, Fatihah"

Artinya: Atas niat ini dan setiap niat yang baik (semoga) diberkahi dengan ummul Quran dan Nabi Muhammad, Al Fatihah.

4. Bacaan Tawasul dengan Keberkahan Surat Al-Fatihah

"Ala hadiniyah wa ala kuliyati sholiha alfatihah"

Artinya: Atas niat ini dan setiap niat yang baik (semoga) diberkahi dengan suratul  Fatihah

Bacaan diatas merupakan bacaan tawasul versi singkat yang umum. Biasanya para ulama menambahkan beberapa kalimat lainnya dan bertawasul dengan nama-nama para Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, Para imam mazhab, Imam salaf dan Wali-Wali Allah. Semua tergantung dengan kebutuhan kita ingin bertawasul kepada siapa? Lebih banyak maka lebih bagus, namun kalimat diatas sudah cukup sebagai perantara meminta hajat kepada Allah Swt.

Baca juga: Perbedaan Ila Ruhi, Ila Arwahi dan Ila Hadroti Saat Kirim Al Fatihah dan Contohnya

Tata Cara Mengamalkan Kalimat Tawasul Bis sholihin

Dalam mengamalkan tawasul ini maka kita perlu tahu bagaimana tata cara mengamalkannya. Berikut cara mengamalkan tawasul bis Sholihin yang dapat kamu lakukan sendiri maupun secara berjama'ah.

Cara Mengamalkan Tawasul Bis sholihin Secara Berjama'ah

" Bismillahhirrohmannirhoim.... Mari sama-sama kita membaca suratul fatihah, semoga dengan keberkahan suratul fatihah hajat-hajat, keinginan kita diijabah oleh Allah SWT begitupun urusan dunia dan akhirat kita. 'Ala hadzihin niyati wa'ala kulli niyatin sholihah, Ilaa hadrotin nabiyil-Musthofa Muhammadin SAW wa ‘alaa aalihi wa azwajihi wadzurriyyatihi wa ahli baitihil-kirom ajma-‘iin, Syai-u lillahi lahumul-faatihah: (Baca surat al-Fatihah) "

Baca juga: Arti Lahul, Lahal, Lahumul, Lahamal, Syaiun dan Bisirril Fatihah

Cara Mengamalkan Tawasul Bis sholihin Secara Sendiri

Sebelumnya kamu dapat memohon doa kepada Allah seperti bacaan tawasul berjama'ah diatas. Setelah itu kamu dapat membaca kalimat Istighfar, karena membaca istighfar merupakan anjuran agar doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah Swt setelah itu membaca dua kalimat syahadat (syahadat tauhid wal rasul) seperti di bawah ini:

Astaghfirullahal’adziim (3 x)

Asy-hadu allaa-ilaaha illallah wa Asy-hadu anna Muhammadarrosulullah.

'Ala hadzihin niyati wa’ala kulli niyatin sholihah, Ilaa hadrotin nabiyil-Musthofa Muhammadin SAW wa ‘alaa aalihi wa azwajihi wadzurriyyatihi wa ahli baitihil-kirom ajma-‘iin, Syai-u lillahi lahumul-faatihah: (Baca surat al-Fatihah)

Ditulis: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah: Bacaan, Cara Mengamalkan dan Penjelasannya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close