Barakallah fii Ilmi Arab, Latin, Arti, Jenis dan Contohnya

BARAKALLAH FII ILMI ARAB, LATIN, ARTI, JENIS DAN CONTOHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Wisuda merupakan momen di mana sekelompok orang merayakan hari kelulusannya dengan kumpul bersama bersama teman-teman dan orang tua di satu tempat sebagai bentuk "ucapan selamat" yang diberikan instansi sekolah/universitas kepada anak didiknya.

Pada saat wisuda (kelulusan) sekolah ataupun universitas ada disaat dimana momen sesama murid saling mengucapkan selamat seperti kalimat barakallah fii ilmi. Ucapan tersebut juga disampaikan dilingkungan pesantren pada acara yang sama antara guru ke murid-muridnya begitupun ke sesama murid saat kelulusan. Sebenarnya apa arti barakallah fii ilmi dan bagaimana teks arab barakallah fii ilmi yang benar?

Memang benar kita sering mendengar ucapan barakallah fii ilmi. Apalagi ketika seseorang menyelesaikan pendidikannya. Baik itu di sekolah, universitas, pesantren dan tempat belajar lainnya. Menyelesaikan pendidikan memang menjadi momen yang sangat membahagiakan. Mengapa tidak? Proses pendidikan bertahun-tahun dilalui dengan tekun, sabar dan gigih, setiap upaya dilakukan untuk mendapatkan ilmu dan hasil yang baik agar (ilmu) yang didapatkan diimplementasikan dengan baik. Rasa kebahagiaan yang didapatkan atas izin Allah Swt, oleh sebab itu wajiblah kita mensyukurinya. Sebagaimana perintah Allah dalam Surat Ibrahim Ayat 7 yang berbunyi:

" (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras." (QS. Ibrahim:7)

$ads={1} 

Karena rasa bahagia inilah maka sangat baik mengucapkan kalimat yang penuh rasa syukur dan kebaikan yaitu salah satunya dengan kalimat barakallah fii ilmi. Adapun dalam teks arabnya yaitu:

بَارَكَ اللهُ في عِلْمِي

Artinya: "semoga Allah memberkahi ilmuku."
Selain itu adapula kalimat lainnya yang serupa namun dengan makna yang sama, berikut kalimat-kalimat yang dimaksud:

1. Barakallah Fii ilmik

Kalimat ini disampaikan kepada orang yang baru lulus sekolah/universitas/pesantren. Adapun untuk kalimat ini merupakan kalimat umum yang diperuntukkan kepada laki-laki dan perempuan.

بَارَكَ اللهُ في عِلْمِكَ

Artinya: Semoga Allah memberkahi ilmumu.

Baca juga: Arti Jazakallah Khairan, Jazakillah, Jazakunnallah dan Jazakumullah 

2. Barakallah Fii ilmika

Kalimat ini disampaikan kepada orang yang baru lulus sekolah/universitas/pesantren. Adapun untuk kalimat ini merupakan kalimat khusus yang diperuntukkan khusus untuk laki-laki

بَارَكَ اللهُ في عِلْمِكَ

Artinya: Semoga Allah memberkahi ilmumu (khusus untuk laki-laki)

3. Barakallah Fii ilmiki

Kalimat ini disampaikan kepada orang yang baru lulus sekolah/universitas/pesantren. Adapun untuk kalimat ini merupakan kalimat khusus yang diperuntukkan khusus untuk perempuan
بَارَكَ اللهُ في عِلْمِكِ

Artinya: semoga Allah memberkahi ilmumu (khusus untuk perempuan)

Kesimpulan

Sebenarnya kalimat-kalimat diatas bukan hanya digunakan setelah menyelesaikan pendidikan formal saja. Tatkala seseorang mengikuti kursus atau pelatihan untuk mendapatkan ilmu seperti menghafal Al-Qur'an, Ngaji kitab, Les, Seminar dan hal lainnya yang bermanfaat (mendapatkan ilmu). Boleh menggunakan kalimat doa diatas sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada yang bersangkutan. Jadi fungsi pada kalimat diatas adalah "bagi yang telah selesai menuntut ilmu/belajar sesuatu" maka boleh mendoakan dengan kalimat diatas.

Demikian Artikel " Barakallah fii Ilmi Arab, Latin, Arti, Jenis dan Contohnya"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close