Ciri-Ciri Wali Allah Menurut Para Ulama

CIRI-CIRI WALI ALLAH MENURUT PARA ULAMA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Wali Allah (Waliyullah) dapat diartikan sebagai Orang yang dekat kepada Allah dan menolong agama Allah (Orang yang bertaqwa, yang taat dan lain sebagainya). Ciri-ciri wali allah yang disepakati oleh jumhur ulama yaitu taat dalam beragama, menjalankan sunnah nabi, berakhlak dan beradab baik. Namun ada sebagian juga yang menambahkan kriteria lainnya yaitu mesti memiliki karomah. Lalu sebenarnya bagaimana pendapat para ulama tentang ciri-ciri Wali Allah?

Ustadz منهاج الطالبين melalui laman facebooknya membagikan sebuah tulisan singkat mengenai Ciri-Ciri Wali Allah Menurut Para Ulama, berikut penjelasannya:

Dengan demikian wali-wali Allah Swt adalah orang yang mendekat dan menolong agama Allah Swt, atau orang yang didekati atau orang yang ditolong oleh Allah Swt.

Lebih jauh mendalami eksistensi waliyullah, nyaris semua referensi ulama dari berbagai bidang menyatakan bahwa ulama adalah waliyullah, bahkan tak tanggung-tanggung status seorang ulama juga menyandang tiga predikat fantastis sekaligus mulai dari generasi anbiya', referensi Atqiya' (orang taqwa), hingga elit auliya'. 

نشر طي التعريف - (1 / 34)

 رواه أبو نعيم الحافظ في كتابه بإسناده فالعلماء هم ورثة الأنبياء وهم قدوة الأتقياء بل هم صفوة الأولياء  اه

Bahkan dengan percaya diri Imam Nawawi mengutip statement Abi Hanifah dan Imam Syafi'i dalam At-Tibyan bahwa andai ulama' tak punya predikat seorang waliy bisa dipastikan Allah tak punya kandidat wali sama sekali.

Baca juga: Adab-adab Ziarah Ke Makam Waliyullah dan Orang Saleh

نشر طي التعريف - (1 / 35)

وذكر الإمام النووي في كتاب التبيان وغيره عن الإمامين الجليلين أبي حنيفة والشافعي رحمهما الله تعالى أنهما قالا إن لم يكن العلماء أولياء لله فليس لله ولي

Dikutipan redaksi yang lain, Imam Syafi'i dan Abi Hanifah dengan eksplisit memproklamirkan bahwa kriteria ulama yang tepat dikultuskan sebagai seorang waliyullah adalah tipikal ulama pakar fikih (fuqoha), kriminalisasi ahli fikih adalah tindak kriminal terhadap baginda Nabi, dan kriminalisasi Baginda Nabi adalah tindak kriminal kepada Allah. Sampai disini selain ulama pakar fikih belum mendapat promosi.

$ads={1}

المجموع شرح المهذب - (1 / 24)

 وروي الخطيب البغدادي عن الشافعي وأبى حنيفة رضي الله عنهما قالا ان لم تكن الفقهاء أولياء الله فليس لله ولى و من آذى فقيها فقد آذى رسول الله صلى الله عليه وسلم ومن آذي رسول الله صلى الله عليه وسلم فقد آذي الله تعالى عزوجل

Tapi tak lengkap rasanya jika mereka punya predikat waliyullah namun tak punya satupun andalan karomah, realitas sosial yang berkembang sejak dulu dimasa Imam Nawawi justru menunjukkan bahwa para pakar fikih dan juga master Bahtsul Masail jarang bahkan nyaris tak ada yang memiliki kemampuan untuk menampakkan karomah. Menurut hasil analisis Imam Nawawi mungkin karena ulama atau pakar fikih sering kali terpapar virus riya' sehingga status waliyullah yang mereka punya tidak mampu mendatangkan karomah, berbeda dengan ahli tirakat (al-ibad) yang cukup sering menampakkan karomah / kewaliyan (versi orang awam) dihadapan orang-orang.

المنهج السوي ص: 312

قال النووي رضي الله عنه : انما لم يظهر على العلماء كرامات كالعباد مع انهم افضل منهم لما يدخل عليهم من الرياء اهــ 

Menurut analisa kami (haza min ziyadati, jadi jangan diambil hati) sebagai kandidat kuat dan calon waliyullah, para pakar fikih tidak perlu dipopulerkan lewat karomah karena visi mutlak sebuah karomah untuk membuktikan bahwa toriqoh yang mereka anut adalah toriqoh yang benar. Sementara pakar fikih tidak butuh hal semacam itu, mereka telah mampu membuktikan validitas dan keabsahan toriqoh mereka lewat nalar argumen dan retorika berfikir ala manhaj ijtihadi.

الخلاصة في شرح حديث الولي (ص: 55)

قال العلماء: كل كرامة لولي، في آية للنبي الذي اتبعه، لأن الكرامة شهادة من الله عز وجل أن طريق هذا الولي طريق صحيح.

Maka dari itu, ada beberapa ulama yang enggan menyandangkan predikat wali hanya karena seseorang mampu terbang atau hal spektakuler lainnya, mereka hanya mau melabelkan titel waliyullah bagi mereka yang mampu mewariskan karya monumental untuk masyarakat luas.

شرح الأربعين النووية (80/ 16، بترقيم الشاملة آليا)

ليس بلازم أن نراه يطير في الهواء أو يمشي على الماء، لا، قد يكون مجرد توفيقه في عمله ودعوته إلى الله، وإصلاح الناس على يده من أكبر الكرامات، نحن قد نجد كثيراً من الناس لهم مجهودهم الكبير في الدعوة إلى الله، وما خلفوا للمسلمين من تراث علمي نافع، ولا نستطيع أن نقول: هؤلاء أولياء الله، والله والاهم.

Oleh: منهاج الطالبين

Editor: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Ciri-Ciri Wali Allah Menurut Para Ulama "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close