Syaikh Usama al-Sayyid Al-Azhari Merasa Terhormat Datang ke Aceh

SYAIKH USAMA AL-SAYYID AL-AZHARI MERASA TERHORMAT DATANG KE ACEH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam khutbah kedua, setelah memuji Allah dan membaca shalawat nariyah, Syaikh Usamah menyampaikan beberapa pesan khusus kepada masyarakat Aceh terkait pentingnya cinta tanah air. Syaikh Usamah menjelaskan bahwa sifat ini telah dicontohkan oleh salah seorang pemimpin Aceh, Habib Abdurrahman Az-Zahir. 

Berikut kurang lebih terjemahannya;

Saya datang ke Indonesia, ke Aceh adalah dengan niat untuk menyambung kebaikan, sekaligus untuk menghormati dan mengagungkan salah satu tokoh Aceh, yang pernah menimba ilmu di Al-Azhar, kemudian kembali ke Aceh menjadi pemimpin Aceh, membela Aceh dan sangat mencintai Aceh, yaitu Imam al-Habib Abdurrahman Az-Zahir, Amir al-Asyi. Saya datang ke Aceh karena cinta pada Kalian, ingin menyambung kebaikan dengan Kalian, dan sebagai penghormatan kepada Amir Al-Asyi Abdurrahman Az-Zahir.

Imam Abdurrahman Az-Zahir belajar di Al-Azhar pada Syaikhul Akbar, Syamsuddin Al-Anbabi. Beliau belajar fikih mazhab Syafi'i. Ketika pulang dari Al-Azhar. Ketika pulang dari Al-Azhar, diikut sertakan seorang alim Al-Azhar untuk membersamai Abdurrahman Az-Zahir meneruskan belajar fikih, sampai alim ini meninggal di negeri Yaman. Abdurrahman Az-Zahir kembali ke Aceh hingga dilantik menjadi pemimpin, yang banyak tercatat pengabdian dan sumbangsihnya untuk Aceh, termasuk dalam membela Aceh melawan penjajahan Belanda. 

Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman mengabarkan kepada saya bahwa Amir Abdurrahman Az-Zahir termasuk salah seorang yang pernah berkhutbah di tempat dimana saya berkhutbah sekarang. Maka kebanggaan bagi saya bisa berdiri di tempat dimana pernah berdirinya Habib Abdurrahman Az-Zahir. Habib Abdurrahman Az-Zahir juga ikut berkontribusi dalam renovasi Masjid Raya Baiturrahman. 

Saya berharap dari Aceh dan Indonesia banyak penuntut yang setelah belajar sungguh-sungguh di luar, untuk kembali ke negerinya memberi kontribusi kebaikan. Habib Abdurrahman Az-Zahir telah mempraktikkannya, beliau kembali ke negerinya dengan melakukan kontribusi kebaikan, memuliakan negerinya, mencintai tanah airnya. 

ولا يكمل إيمان المرء حتى يُرى منه مشهد البر لوطنه 

"Tidaklah sempurna iman seseorang, sampai dilihat bukti nyata kontribusi kebaikan darinya kepada tanah airnya."

$ads={1}

Imam al-Bukhari meriwayatkan hadis bahwa Nabi Saw ketika pulang dari perantauan dan melihat dinding-dinding Kota Madinah, menggerakkan hewan tunggangannya karena kecintaan beliau terhadap tanah airnya. Imam Ibnu Hajar al-Asqalani ketika mensyarah hadis ini menjelaskan bahwa;

وفي هذا الحديث دليل على مشروعية حب الوطن 

"Hadis ini menjadi bukti disyariatkannya cinta tanah air." 

Di akhir khutbahnya, Syaikh Usamah menjelaskan bahwa Habib Abdurrahman Az-Zahir telah menjadi contoh teladan sebagai ulama yang mencintai tanah airnya. Syaikh Usamah mendoakan Aceh agar diberi kedamaian, ketentraman dan kebaikan. 

Jangan lupa nanti malam untuk membersamai majelis bersama beliau dalam Pengajian Tastafi. Juga disemarakkan oleh Munsyid Internasional, Mostafa Atef.

Oleh: Ustadz Muhammad Iqbal Jalil

Demikian Artikel " Syaikh Usama al-Sayyid Al-Azhari Merasa Terhormat Datang ke Aceh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close