Mengirim Al Fatihah Kepada yang Telah Wafat, Adakah dalilnya?

MENGIRIM AL FATIHAH KEPADA YANG TELAH WAFAT, ADAKAH DALILNYA?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pak haji, ada yang mengatakan bahwa membaca al fatihah sebelum dan sesudah berdoa itu bid'ah ? 

Siapa yang mengatakannya pak? ustad salafi pak haji, yang sedang viral sekarang.

Salafi atau wahhabi ? dulu nama mereka wahhabi pak haji, sekarang berganti nama menjadi salafi, isinya sama aja pak haji, casingnya aja yang berubah.

Apa sebutan untuk orang yang suka gonta ganti nama pak ? tidak konsisten pak haji, mungkin mereka malu disebut dengan nama wahhabi karena terlanjur jelek, atau untuk mengelabui orang awam agar ikut pemahaman mereka.

Sedangkan kita dari dulu sampai sekarang tetap mengaku sebagai pengikut syafiiyah dan asyariyah, karena dalam pemahaman mayoritas ulama syafii dan asyari tidak ada yang kontroversi, serta diakui oleh mayoritas ulama di luar Mazhab syafii dan asyari, sehingga tidak perlu ganti nama.

Untuk menjawab pertanyaan diatas maka kita awali dengan pertanyaan juga, agar mendapatkan pemahaman yang baik dan terstruktur.

Yang pertama, apakah sebelum berdoa disunnahkan untuk memuji Allah ? iya, mayoritas ulama sepakat, disunnahkan untuk memuji Allah sebelum berdoa, yang merupakan syarat diterimanya doa seorang hamba.

Maka pertanyaan selanjutnya, pujian apa yang paling baik untuk Allah ? pujian yang paling baik adalah pujian Allah untuk dirinya, yang diajarkan dalam Al quran.

Kemudian sebutkan satu pujian yang Allah ajarkan kepada hambanya ? 

Pujian terbaik yang Allah ajarkan kepada hambanya, diantaranya disebutkan dalam surat al fatihah, yang merupakan pujian pertama dalam urutan surat Al Quran.

Baca juga: Hukum Menghadiahkan Al-Fatihah Untuk Nabi Muhammad SAW

Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk mengatakan membaca al fatihah sebelum dan sesudah berdoa itu bid'ah, karena al fatihah berisikan sebaik - baik pujian untuk Allah.

Yang kedua, apa diantara faktor dikabulkannya doa ? Mayoritas ulama sepakat bahwa diantara faktor utama diterimanya doa adalah melakukan amal soleh sebelum berdoa.

Pertanyaan selanjutnya, apakah membaca surat Al fatihah termasuk amal soleh ? iya, mayoritas ulama sepakat bahwa membaca surat Al fatihah termasuk amal soleh, karena bagian dari Al quran.

Apakah salah membaca Al fatihah sebelum dan sesudah berdoa ? tentu tidak salah, karena merupakan amal soleh dan diantara faktor mustajabnya doa.

Yang ketiga, apakah boleh bertawasul dengan amal soleh ? Mayoritas ulama sepakat boleh bertawasul dengan amal soleh dan disunnahkan.

$ads={1}

Jika boleh, pertanyaan berikutnya apakah membaca al Fatihah termasuk amal soleh ? iya, mayoritas ulama sepakat membaca al fatihah termasuk amal soleh yang termaktub dalam Al quran.

Apabila al fatihah termasuk amal soleh maka berarti boleh bertawassul dengan surat alfatihah ketika berdoa.

Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk membidahkan membaca Al fatihah sebelum dan sesudah berdoa, karena al fatihah berisikan pujian kepada Allah, dan bagian dari bentuk amal soleh.

Dan beramal soleh sebelum berdoa merupakan faktor diterimanya doa, dan sarana tawassul meminta kepada Allah, yang merupakan faktor mustajabnya doa.

Kesimpulannya, bahwa membaca Al fatihah sebelum dan sesudah berdoa termasuk sunnah nabi, bukan bid'ah sebagaimana yang dituduhkan salafi wahhabi.

Jika paham salafi diikuti maka suatu masa nanti, Al fatihah hanya boleh dibaca pada saat sholat saja, bukankah ini akan menjauhkan umat islam dari syariat dan amal soleh ?

Dalu - dalu, Kamis 27 Juli 2023

Oleh: Rahmat Taufik Tambusai

Demikian Artikel " Mengirim Al Fatihah Kepada yang Telah Wafat, Adakah dalilnya? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close