Pengakuan Kesyahidan Asyraf atas As Sadat Al Maliki Al Hasani

PENGAKUAN KESYAHIDAN ASYRAF ATAS AS SADAT AL MALIKI AL HASANI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - As Sadat Alu Maliki Al Hasani merupakan Asyraf Ring-3 yang mana kesayyidannya sudah sangat masyhur di berbagai penjuru dunia.  Mayoritas kaum muslimin meyakini bahwa mereka adalah keturunan Rasulullah dari jalur Imam Idris al Azhar bin Idris al Awwal bin Abdullah al Mahdh bin Hasan al Mutsanna bin Sayyidina Hasan.

Meskipun masyhur, namun silsilah nasabnya tidaklah mutawatir. Sedikit sekali kalangan yang mengetahui secara lengkap susunan nasab Sadat Alu Maliki Al Hasani sampai kepada Sayyidina Hasan.

Namun meskipun sebagian besar kaum muslimin tidak mengetahui secara pasti susunan nasabnya, mereka tetap husnuzhan bahwa Sadat Al Maliki Al Hasani adalah benar keturunan Rasulullah. 

Selanjutnya, apakah kaum Asyraf di Hijaz mengakui kesayyidan Sadat Alu Maliki Al Hasani yang leluhurnya berasal dari Maroko tersebut ?

Secara resmi, saya belum pernah mendengar adanya isbat terkait kesayyidan Sadat Alu Maliki Al Hasani oleh kaum Asyraf Ring-1 di Hijaz.

Namun pengakuan kesayyidan dari  beberapa tokoh pemuka Asyraf Ring-1 atas Sadat Alu Maliki, saya pernah mengetahuinya. 

$ads={1}

Salah satu tanda bahwa Asyraf Ring-1 mengakui kesayyidan suatu keluarga atau qabilah, adalah mereka akan menikahkan putra putri mereka dengan qabilah atau keluarga tersebut. 

Atau dengan menyebut orang-orang di qabilah tersebut dengan sebutan Sayyid/Syarif. 

Qabilah Asyraf Ring-1 yang mengakui kesayyidan Sadat Alu Maliki Al Hasani adalah Qabilah Asyraf Alu Zaid. 

Pernikahan antara dua qabilah tersebut yang saya ketahui adalah

• Al 'Allamah As Sayyid 'Alawi bin 'Abbas al Maliki menikahkan salah seorang putrinya dengan Asy Syarif Musa'id bin Manshur alu Abdullah bin Surur alu Zaid. 

• As Sayyid 'Abbas bin 'Alawi bin 'Abbas al Maliki menikahkan salah seorang putrinya dengan Asy Syarif  'Abdullah bin Muhana alu Zaid. 

Lalu,  siapakah Asy Syarif Musa'id bin Manshur alu Abdullah bin Surur alu Zaid yang menjadi menantu Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki itu ?

Asyraf Alu Zaid, merupakan salah satu qabilah Asyraf Ring-1 yang menduduki peringkat ke-2 dalam hal pengaruhnya di dunia politik Hijaz di masa lalu setelah Qabilah Al 'Abdali. Tepatnya di zaman pasca peperangan kaum Asyraf melawan Bani Saud Awal plus Wahhabi.

Sedangkan sebelum zaman Wahhabi muncul, Asyraf Alu Zaid merupakan Asyraf paling kuat di antara qabilah Asyraf yang lain. 

Sekitar 200 tahun kedudukan Amir Makkah diduduki oleh Asyraf Alu Zaid.

Salah seorang Syarif dari Qabilah Asyraf Alu Zaid, bernama Asy Syarif Musa'id bin Manshur alu 'Abdullah bin Surur, beliau adalah seorang Ahli Nasab, Ahli Sejarah, dan Ahli ilmu Falak.

Nasab lengkapnya adalah Musa'id bin Manshur bin Musa'id bin Mas'ud bin Abdullah bin Syarif Surur (Amir Makkah) bin Syarif Musa'id (Amir Makkah) bin Syarif Sa'id (Amir Makkah) bin Syarif Sa'ad (Amir Makkah) bin Syarif Zaid (Amir Makkah, Datuk Asyraf Alu Zaid) bin Muhsin bin Husein bin Syarif Hasan (Amir Makkah) bin Syarif Muhammad Abu Numay ats Tsani (Amir Makkah).

Syarif Musa'id bin Manshur merupakan salah seorang pakar sejarah sekaligus Ahli Nasab dari kalangan Asyraf Alu Zaid. 

Beliau pernah melakukan perjalanan ke Maroko dan menelitii kesayyidan Sadat Alu Maliki. 

Syarif Musa'id bin Manshur pernah menikah dengan beberapa perempuan. Dan salah satunya adalah Putri dari Al 'Allamah As Sayyid 'Alawi bin 'Abbas al Maliki. 

Dari pernikahan dengan putri Sayyid 'Alawi bin 'Abbas al Maliki, Syarif Musa'id bin Manshur memiliki beberapa anak.

Yakni : 

1. Syarif Khalid 

2. Syarif Nahadh

3. Syarif Fawaz

4. Syarif Nawaf

5. Syarif Muhana

6. Seorang Syarifah 

7. Seorang Syarifah 

8. Seorang Syarifah 

Delapan orang tersebut adalah cucu Al 'Allamah As Sayyid 'Alawi bin 'Abbas al Maliki. 

Tidak hanya sekedar mengakui Kesayyidan Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki, Syarif Musa'id bin Manshur juga menjadi menantu beliau. Sehingga beliau ini juga merupakan saudara ipar dari Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki. 

Di masa selanjutnya, terjadi kembali pernikahan putra putri Asyraf Alu Zaid dengan Sadat Alu Maliki. Yakni pernikahan antara putri Sayyid 'Abbas bin 'Alawi al Maliki dengan Syarif Abdullah bin Muhana alu Zaid. 

Saya memiliki video akad nikahnya. Di mana pernikahan tersebut dihadiri oleh Abuya Sayyid Ahmad al Maliki, Sayyid 'Ashim bin 'Abbas al Maliki selaku yang mengijabkan, juga hadir Sayyid 'Alawi bin 'Abbas al Maliki.

Ini hanya sebatas yang saya ketahui, jika ada penambahan atau koreksi, postingan ini bukanlah postingan tertutup yang tidak menerima kritikan dan koreskian.

Oleh: EL Mujtaba II

Demikian Artikel " Pengakuan Kesyahidan Asyraf atas As Sadat Al Maliki Al Hasani "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close