Tabah Ketika Disakiti Orang Oleh Imam Abdullah al Haddad

TABAH KETIKA DISAKITI ORANG OLEH IMAM ABDULLAH AL HADDAD

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dahulu, Al Imam Al Habib 'Abdullah bin 'Alwi al Haddad, penyusun Ratib Al Haddad yang sangat masyhur, juga sering mendapat gangguan dari masyarakat di sekitarnya. 

Beliau menyikapinya dengan sabar dan ikhlas. Mengenai ihwal ini, beliau memberikan nasehat berharga.

"Kebanyakan manusia jika tertimpa musibah penyakit atau lainnya, mereka tabah dan sabar, sadar bahwa itu adalah qadha dan qadar Allah. Tetapi jika diganggu orang, mereka sangat marah. Mereka lupa bahwa gangguan-gangguan itu sebenarnya juga merupakan qadha dan qadar Allah. Mereka lupa bahwa sesungguhnya Allah hendak menguji dan menyucikan jiwa mereka."

Nabi shallallahu'alaihi wa 'ala alihi wa sallam bersabda,

"Besarnya pahala tergantung pada beratnya ujian.Jika Allah mencintai suatu kaum, Ia akan menguji mereka. Barangsiapa ridha, ia akan memperoleh kerindhaanNya. Dan barangsiapa tidak ridha, Allah akan murka kepadannya."

$ads={1}

Habib Abdullah al Haddad paham betul bahwa ada beberapa orang yang akan memakan hidangan yang disuguhkan oleh beliau untuk mereka, tetapi ada juga yang memakinya. Mengenai sikap mereka, beliau berkata, 

"Perbuatan mereka tidak mempengaruhi sikapku. Aku tidak marah kepada mereka, bahkan mereka kudo’akan."

Beliau tidak pernah menyakiti hati orang lain. Apabila beliau terpaksa harus bersikap tegas dan menegur seseorang, beliau memberikan hadiah kepada orang yang ditegurnya demi menghiburnya. 

Beliau berkata, "Aku tidak pernah melewatkan pagi dan sore dalam keadaan benci atau iri kepada seseorang."

Beliau lebih suka berpegang pada hadits Nabi shallallahu'alaihi wa 'alaalihiwasallam, 

"Orang beriman yang bergaul dengan masyarakat dan sabar menanggung gangguannya, lebih baik daripada orang yang tidak bergaul dengan masyarakat dan tidak pula sabar menghadapi gangguannya."

Oleh: EL Mujtaba II

Demikian Artikel " Tabah Ketika Disakiti Orang Oleh Imam Abdullah al Haddad "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close