Imam al-Muzani: Biografi dan Perjalanan Hidup Singkatnya

Imam al-Muzani: Biografi dan Perjalanan Hidup Singkatnya

IMAM AL-MUZANI: BIOGRAFI DAN PERJALANAN HIDUP SINGKATNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam agung madzhab Syafii beliau adalah Imam Muzani dengan nama lengkap "Abu Ibrahim Ismail bin Yahya bin Ismail bin Amr bin Ishaq" Imam sang penolong madzhab Syafii, beliau lahir pada tahun 175H.

المزني أبو إبراهيم إسماعيل بن يحيى بن إسماعيل بن عمرو بن إسحاق الإمام الجليل، ناصر المذهب.

Imam muzani sendiri merupakan salah satu murid senior imam syafii berguru kepada nya ketika imam Syafii berada di Mesir setelah hijrah dari bagdad menuju Mesir pada tahun 199H, beliau lah yang telah menghatamkan kitab ar-risalah imam Syafii sebanyak 500 kali dan berkata: Saya tidak pernah berulang kali menghatamkan kecuali memperoleh ilmu baru yang terdapat di dalam nya

$ads={1}

"قرأت الرسالة خمسمائة مرة، ما من مرة إلا و استفدت منها فائدة جديدة".

Tersebar luas nya madzhab imam syafi tak luput dari perjuangan imam muzani maka nya shohibu kitab mukhtashor muzani ini mangakatan dalam muqoddimah kitab nya itu bahwa yang ia tulis dalam kitab nya itu adalah ringkasan ilmu yang ia ringkas dari ilmu nya imam syafii.

هذا مختصر اختصرته من علم الشافعي ومن معنى قوله

Soal kepakaran imam Muzani tidak diragukan lagi, beliau adalah ulama dengan keilmuan super luas imam Syafii berkata bahwa imam Muzani adalah penolong Madzhab nya, dengan kapasitas ilmu yang begitu luas maka tak heran kalau beliau bisa menciptakan madzhab sendiri karna level nya telah mencapai tingkatan imam mujtahid mustaqil memiliki karangan dalam madzhab imam Syafii dan juga dalam madzhab buatan nya sendiri seperti yang dinukil oleh imam Suyuthi dari imam rafi'i dalam kitab nya.

قال الرافعي: المزني صاحب مذهب مستقل.

قال الإسنوي: صنف كتبا، منها المبسوط، والمختصر، والمنثور، والمسائل المعتبرة، والترغيب في العلم، وكتاب الوثائق، والعقارب؛ سمي بذلك لصعوبته، وصنف كتابا مفردا على مذهبه لا على مذهب الشافعي. كذا ذكره البندنيجى في تعليقه.

Bahkan imam Syafii pernah memuji kepakaran imam Muzani dengan mengatakan: seandainya setan berdebat dengan nya maka ia akan mengalahkan nya.

قال الشافعي: لو ناظر الشيطان لغلبه، وكان إماما ورعا زاهدا مجاب الدعوة، متقللا من الدنيا.

Imam Muzani memiliki keunikan seperti yang diceritakan oleh Imam suyuthi bahwa jika ia meninggalkan sholat jamaah maka ia akan menggantinya dengan sholat sunnah 25 rokaat, dan juga beliau senantiasa membantu memandikan mayyit agar hatinya menjadi lunak, dan dikatakan bahwa yang memandikan imam Syafii adalah Imam Muzani.

Baca juga: Imam Ahmad al-Muhajir: Biografi dan Silsilah Nasabnya

Imam Muzani wafat pada tahun 264H dan di istirahatkan dekat dengan makam Imam Syafi radhiyallahu anhuma.

كان إذا فاتته صلاة في الجماعة صلاها خمسا وعشرين مرة، ويغسل الموتى تعبدا واحتسابا، ويقال: أفعله ليرق قلبي، وكان جبل علم، مناظرا محجاجا. ولد سنة خمس وسبعين ومائة، وتوفي ليست بقين من رمضان سنة أربع وستين ومائتين، ودفن قريبا من قبر الشافعي رضي الله عنه وأرضاه.

Oleh: Ustadz Muhammad Rauhul Mufid

Demikian Artikel " Imam al-Muzani: Biografi dan Perjalanan Hidup Singkatnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close