Amalan (Wirid) Agar Tidak Tertimpa Kemiskinan

AMALAN (WIRID) AGAR TIDDAK TERTIMPA KEMISKINAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tadi malam diundang mengisi di Lamongan. Karena sistemnya ceramah ala pengajian umum, maka lebih banyak menyampaikan tentang motivasi dan keutamaan amal (فضائل الأعمال). Berbeda dengan kajian yang suasananya lebih serius sehingga berbicara ilmiah yang berkaitan dengan hukum fiqh.

Sebagai oleh-oleh agar bisa langsung diamalkan tadi malam saya memberikan tiga amalan kepada para jama'ah. Di antaranya amalan agar dipermudah ziarah Nabi di Madinah dan amalan anti miskin.

Untuk amalan anti miskin saya menyampaikan hadits yang disebutkan oleh Al-Mundziri dalam kitabnya الترغيب والترهيب yang dulu diijazahkan oleh salah satu guru saya yaitu membaca Hauqalah 100x setiap hari. Rasulullah bersabda 

مَنْ قال: (لا حَوْلَ ولا قُوَّةَ إلا باللهِ) مئَةَ مَرَّةٍ في كلِّ يَومٍ؛ لمْ يُصِبْهُ فقْرٌ أَبداً

"Barangsiapa membaca"La Haula Wala Quwwata Illa Billah" sebanyak 100 kali dalam sehari, maka hidupnya tidak akan tertimpa kefakiran (kemiskinan) selamanya"

Al-Mundziri menyebutkan perawi tersebut dengan berkata

رواه ابن أبي الدنيا عن أسد بن وداعة عن النبي - صلى الله عليه وسلم -. ورواته ثقات إلا أسداً

"Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Al-Dunya dari Asad bin Wada'ah dari Nabi Muhammad. Para perawinya adalah orang yang bisa dipercaya (ثقة) kecuali Asad"

$ads={1}

Hadits di atas juga disebutkan oleh Ibnu Al-Qayyim dalam kitabnya الوابل الصيب. Sebelum meriwayatkan hadits tersebut, Ibnu Al-Qayyim menjelaskan 

وهذه الكلمة لها تأثير عجيب في معالجة الأشغال الصعبة، وتحمل المشاق، والدخول على الملوك، ومن يخاف، وركوب الأهوال. ولها أيضاً تأثير في دفع الفقر

"Kalimat ini (hauqalah) memiliki peran penting dalam menyelesaikan berbagai urusan yang berat dan sulit, menghadapi para penguasa dan orang yang ditakuti, menghadapi berbagai kondisi yang mengkahawatirkan, serta menolak kefakiran (kemiskinan)".

Bagi para pembaca status ini saya ijazahkan amalan tersebut dengan menulis kata ُقَبِلْت atau Qabiltu di kolom komentar. Silahkan bagi yang ingin share dan menyebarkan status ini agar manfaatnya lebih menyebar.

20 November 2023

Oleh: Ustadz Abdul Wahid Al-Faizin

Demikian Artikel "Amalan (Wirid) Agar Tidak Tertimpa Kemiskinan"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama
close