Asal Muasal Syekh Zakariya Al-Anshari Diberi Gelar Syaikhul Islam

ASAL MUASAL SYEKH ZAKARIYA AL-ANSHARI DIBERI GELAR SYAIKHUL ISLAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Syaikhul Islam Zakariyya Al Anshori suatu ketika ditanya : "Anda begitu alim, mendapat gelar Syailkhul Islam, koq bisa ???

Beliau menjawab :

دققت بين حجرين

"Saya dijepit dua buah batu." (Ketika beliau santri beliau belajar kepada Al Imam Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani, maka beliau harus mempersiapkan ketika berhadapan dengan gurunya, dan ketika beliau mengajar, beliau punya murid yang sangat cerdas yaitu Al Imam Ibnu Hajar Al Haitami, sehingga ketika beliau mengajar juga harus bersiap-siap, bila salah akan ditegur.)

Demikian keterangan Gus Baha'...

$ads={1}

Syaikhul Islam Zakariyya Al Anshori memang banyak mempunyai guru yang hebat dan alim, demikian juga muridnya juga banyak yang hebat dan alim, sehingga beliau kalau mau belajar dan mengajar akan bertemu dengan orang-orang yang alim. Beliau hidup diantara dua batu yang sama-sama mulia dan sempurna Ibnu Hajar Al Asqalani (guru) fan Ibnu Hajar Al Haitami (murid), antara Jalaluddi Al Mahalli (guru) dan Jalaluddin As Suyuthi (murid), dan antara, Kamaluddin Ibnul Himam (guru) dan Kamaluddin Ibnu Syarif.

Radhiyallaahu 'anhum Ajma'iin......

قيل في ترجمة شيخ الإسلام القاضي زكريا الأنصاري (أنّه عاش بين حجرين، وجلالين، وكمالين) :

ابن حجر العسقلاني شيخه وابن حجر الهيتمي تلميذه.

والجلال المحلي شيخه والجلال السيوطي تلميذه.

والكمال ابن الهمام شيخه والكمال ابن الشريف تلميذه

Oleh: Dodi ElHasyimi

Demikian Artikel " Asal Muasal Syekh Zakariya Al-Anshari diberi Gelar Syaikhul Islam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close