Ziarah Rasulullah Di Mesir

ZIARAH RASULULLAH DI MESIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Diriwayatkan dari Syekh Sholih Ja'fari bahwasannya Imam Sayyidi Ahmad Ad-Dardiri (pengarang kitab nazam akidah fenomenal Khoridah Bahiyah) adalah ulama yang setiap malam selalu bermimpi bertemu Rasulullah ï·º sehingga mendapat julukan "ABUL BARAKAT".

Tidak sulit bagi Imam Dardiri jika ingin mentashih sebuah hadist, cukup dengan menanyakan langsung  kepada Rasulullah ï·º dalam mimpinya. Hal senada juga beliau lakukan jika ingin menjawab pro kontra terhadap sebuah hadist di Al-Azhar. 

Suatu ketika, teman-teman beliau mencurigai tentang dasar beliau dalam mentashih hadist, sebab beliau tak pernah menceritakan/menjelaskan terkait rujukannya. Maka, mau tak mau beliau mengatakan bahwa itu dari Rasulullah ï·º.

Kejadian itu sampai ke telinga sang guru beliau; Syekh Ali Al-Adawi atas pengaduan dari teman-temannya. Beliau pun percaya dan menyuruh Imam Dardiri menanyakan perihal dirinya pada Rasulullah ï·º. Imam Dardiri menyampaikan bahwa menurut Nabi Muhammad Syekh Ali adalah lelaki Solih, hanya saja tidak mau menziarahi beliau (Nabi Muhammad).

$ads={1}

Syekh Ali pun menjawab bahwa dirinya sudah sepuh tak mampu melakukan perjalanan jauh untuk kemudian disampaikan pada Nabi ï·º. Akhirnya Rasulullah memberikan solusi dan kabar gembira lewat mimpi Imam Dardiri, "Aku berada di kubah masjid Imam Syafii setiap hari Jum'at setelah asar".

Mendengar hal itu Syekh Ali jelas sangat gembira dan menyuruh agar kabar gembira itu diumumkan pada masyarakat Mesir di masa itu. Tetapi setelah berselang lama, kabar bahagia itu terlupakan dan lenyap kendati masih ada sebagian kecil yang mengetahuinya.

Pun sangat disayangkan, sampai saat ini makam Imam Syafii di Cairo masih ditutup karena alasan renovasi yang tak kunjung usai.

رضي الله عنهم وأرضاهم أجمعين

Oleh: Bent Hasan, 2019

Demikian Artikel " Ziarah Rasulullah Di Mesir "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close