Hal-hal yang Dapat Membantu Menghindari Maksiat

HAL-HAL YANG DAPAT MEMBANTU MENGHINDARI MAKSIAT

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ketika ditanya apa saja pekerjaan-pekerjaan yang bisa menjauhkan diri kita dari maksiat. Maulana Syekh Yusri menjawab, bahwa yang bisa membantu kita untuk meninggalkan maksiat adalah: Ilmu, bertautnya hati kepada Baginda Nabi, berbakti kepada kedua orang tua, berteman dengan orang baik, makan dan minum yang halal, cakap dalam pekerjaan, rida dengan apa yang Allah tetapkan, merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah, dan tidak memberikan dirinya waktu kosong. 

Dan musabab terjadinya maksiat adalah waktu senggang, syaithon pun tertawa melihat waktu senggang kita. Oleh karena itu Baginda Nabi menyibukan umatnya dengan sholat fardhu lima waktu siang dan malam serta tak lupa sunah qobliyah dan ba'diyah ditutup dengan wiridan setelah sholat. Baginda Nabi khawatir setan memanfaatkan waktu kosong kita. 

$ads={1}

Maulana Syekh Yusri mengatakan bahwa waktu kosong adalah pembunuh yang kejam, maka kita harus punya tujuan. Jika diberikan waktu senggang maka lihatlah apa yang kurang dari kita lalu benahi. Dan jangan sampai karena waktu senggang kita menjadi pemalas, justru ketika waktu senggang Allah ta'ala seakan-akan berkata, sibukkanlah dirimu dengan sesuatu yang lainnya.

Baca juga: Tips Syekh Ali Jum'ah Agar Senantiasa Menjaga Diri dari Berbuat Dosa

Maulana Syekh Yusri pun juga sering mengingatkan bahwa istirahatnya kita adalah ketika kita meninggal dunia. Maka semoga kita para murid dapat senantiasa terus menyibukan diri dalam kebaikan.

Oleh: Fitri Al Kadumi

Demikian Artikel "Hal-hal yang Dapat Membantu Menghindari Maksiat"

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close