Perbedaan Nafsu dan Syahwat Dalam Islam, Ini Penjelasannya

PERBEDAAN NAFSU DAN SYAHWAT DALAM ISLAM, INI PENJELASANNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Syahwat dan Nafsu kerap dianggap memiliki arti dan makna yang sama. Menurut sebagian orang, Nafsu diartikan sebagai terjemahan dari kata syahwat itu sendiri. Benarkah demikian? 

Dalam Kitab adabud dunya wad din (1/33) dijelaskan bahwa nafsu dengan syahwat walaupun keduanya bersatu dalam illat yang sama namun memiliki makna yang berbeda. 

 فَأَمَّا فَرْقُ مَا بَيْنَ الْهَوَى وَالشَّهْوَةِ مَعَ اجْتِمَاعِهِمَا فِي الْعِلَّةِ وَالْمَعْلُولِ، وَاتِّفَاقِهِمَا فِي الدَّلَالَةِ وَالْمَدْلُولِ، فَهُوَ أَنَّ الْهَوَى مُخْتَصٌّ بِالْآرَاءِ وَالِاعْتِقَادَاتِ، وَالشَّهْوَةَ مُخْتَصَّةٌ بِنَيْلِ اللَّذَّةِ. فَصَارَتْ الشَّهْوَةُ مِنْ نَتَائِجِ الْهَوَى وَهِيَ أَخَصُّ، وَالْهَوَى أَصْلٌ هُوَ أَعَمُّ. 

Adapun perbedaan antara hawa nafsu dengan syahwat padahal keduanya bersatu dalam sebab/illat dan akibat/ma'lul dan bersatu dalam hal yang menunjukkan/dalalah dan yang di tunjukkan/madlul, adalah bahwa hawa nafsu berkaitan secara khusus dengan masalah pandangan dan keyakinan sedangkan syahwat berkaitan secara khusus dengan direguknya kenikmatan, Dengan demikian syahwat merupakan hasil dari hawa nafsu dan hawa nafsu merupakan pokok dan lebih umum.

$ads={1}

Imam Ar-Raghib merinci perbedaan spesifik antara hawa nafsu dan syahwat di dalam kitabnya,

 قال الرّاغب في الفرق بين الهوى والشّهوة: إنّ الشّهوة ضربان: محمودة ومذمومة، فالمحمودة من فعل اللّه تعالى، والمذمومة من فعل البشر، وهي استجابة النّفس لما فيه لذّاتها البدنيّة، والهوى هو هذه الشّهوة الغالبة إذا استتبعتها الفكرة، وذلك أنّ الفكرة بين العقل والشّهوة، فالعقل فوقها، والشّهوة تحتها، فمتى ارتفعت الفكرة ولّدت المحاسن، وإذا سفلت ولّدت القبائح.

1. Syahwat terpuji

2. Syahwat tercela

Syahwat terpuji asalnya dari tindakan Allah ta'ala

sedangkan syahwat tercela asalnya dari tindakan manusia.

Syahwat yaitu pemenuhan hawa nafsu sebab didalamnya terdapat kenikmatan badaniyah,

sedangkan hawa nafsu adalah syahwat yang menang ini ketika pemikiran mengikutinya.

Hal itu disebabkan karena sesungguhnya pemikiran berada diantara akal dan syahwat , akal di atas pemikiran dan syahwat di bawahnya,jadi ketika pemikiran naik maka keluarlah kebaikan-kebaikan dan ketika pemikiran turun keluarlah keburukan-keburukan.

Oleh: Rumah-muslimin

Demikian Artikel " Perbedaan Nafsu dan Syahwat Dalam Islam, Ini Penjelasannya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close