Sikap Para Kyai dan Ulama Kudus Terhadap Sadah Ba'alawi

SIKAP PARA KYAI DAN ULAMA KUDUS TERHADAP SADAH BA'ALAWI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kiai-kiai Kudus, yang benar-benar kiai, sepanjang masa selalu menaruh hormat kepada Sadah Ba'alawi. Para habaib yang pernah berinteraksi dengan mereka pasti merasakannya. Mereka mentakdhimi Sadah Ba'alawi dalam ahwal dan ucapan. Bahkan dalam kitab-kitab karya mereka.

Salah satunya adalah Syaikh Abdul Hamid Kudus, ulama asal Kudus pengajar di Masjidil Haram yang produktif menulis kitab. Dalam kitab-kitabnya ketika menyebut ulama dari Sadah Ba'alawi selalu dibarengi dengan kata "Sayyid" dan kalimat-kalimat penghormatan lainnya. Seperti ketika menyebut nama Habib Syaikh bin Ahmad Botoputih Surabaya, Syaikh Abdul Hamid menyebutnya dengan:

سيدي العارف بالله، والدال على مولاه، ذو الكرامات الباهرة، والفيوضات الظاهرة، العلامة السيد شيخ بن أحمد بافقيه باعلوى المدفون بسربايا -رحمه الله تعالى ونفعنا به وبأسراره آمين-

"Tuanku orang yang arif billah, yang menunjukkan kepada Tuhannya, orang yang mempunyai keramat-keramat yang memukau dan limpahan anugrah tuhan yang terlihat, orang yang sangat alim, Sayyid Syaikh bin Ahmad Bafaqih Ba'alawi, yang dimakamkan di Surabaya. Semoga Allah merahmatinya dan memberikan manfaat dengannya dan asrarnya untuk kita. Aamiin."

(Lihat: Irsyad al-Muhtadi hlm. 12)

$ads={1}

Perhatikan, betapa luar biasanya sanjungan Syaikh Abdul Hamid untuk Habib Syeikh Botoputih. Dalam teks di atas jelas sekali, beliau menyebutnya sebagai "Ba'alawi" dan "Sayyid".

Baca juga: Nasab Wali Songo Bersambung ke Ba'alawi, Ini Buktinya!

Lebih dari itu, bahkan Syaikh Abdul Hamid Kudus pernah belajar langsung kepada Sadah Ba'alawi. Sebagaimana telah beliau rekam dalam kitab tsabat beliau yang berjudul "al-Mafakhir as-Saniyyah fi al-Asanid al-'Aliyyah al-Qudsiyyah":

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Sikap Para Kyai dan Ulama Kudus Terhadap Sadah Ba'alawi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close