Apapun Profesi Pekerjaanmu, Jadilah Orang Soleh

APAPUN PROFESI PEKERJAANMU, JADILAH ORANG SOLEH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ada sekelumit kisah mencerahkan dari para Salafus Saleh dahulu. Boleh jadi kisah ini dapat menginspirasi anda untuk tak berkecil hati apa pun profesi yang anda lakukan saat ini; entah anda seorang petani, buruh, kuli panggul, bakul sayur, kelontongan, atau naik level karyawan, pegawai, pejabat dan lainnya. Bahwa tetaplah posisimu saat ini tidak menutup dirimu untuk menjadi ORANG SALEH terlebih menjadi ULAMA/ 'ALLAMAH.

Dikisahkan bahwa IMAM HADDAD memiliki murid yang bernama al-Habib Abdurrahman ibn Abdullah Bilfaqih (Pengarang Kitab Rasyafat, berisi nadzam cita rasa ilmu sufi). Bahkan, Imam al-Haddad menjuluki beliau dengan ALLAMAH AD-DUNYA (orang yang paling alim di muka bumi ini). Masya Allah, di masanya Imam al-Haddad sebagai gurunya memberi pujian yang luar biasa kepada sang muridnya tersebut. Inilah pujian sejati. Apalagi sang guru bukanlah sosok yang biasa.

Nah, seringkali tatkala Imam al-Haddad mendapatkan persoalan pertanyaan beliau tidak seraya menjawab justru melempar jawaban itu kepada muridnya, (di sini tentu beliau sanggup dan mampu untuk menjawab hal itu), tapi beliau ingin menunjukkan kepada masyarakat ketika itu tentang sosok-sosok ulama lainnya, seperti muridnya yakni AL-HABIB ABDURRAHMAN BILFAQIH. Jadi, ketika ada penaya kepada Imam al-Haddad, lalu Imam al-Haddad pun menyuruh ke penanya itu untuk mengajukan pertanyaannya kepada Habib Abdurrahman. Kata Imam al-Haddad, "Kamu datang lah ke sana, ajukan pertanyaan ini kepada beliau dan biarlah beliau nanti yang menulis jawabannya. Dan perhatikan segala gerak-gerik beliau, kasih laporan itu ke saya."

$ads={1}

Maka sang penanya itu pun datang kepada Habib Abdurrahman Bilfaqih, dan didapati Habib Abdurrahman sedang menimba air di sumur yang dalam, (jadi perlu diketahui bahwa profesi Habib Abdurrahman adalah petani dan sudah biasa layaknya petani menimba air untuk mengairi sawahnya). Masya Allah, di sini kita bisa mengambil faidah bahwa ada lho ulama besar tapi ya berprofesi sebagai petani. Jadi tak melulu ulama atau orang saleh berpakaian mahkota agama, janganlah tertipu sebatas zahiriyah.

Baca juga: Hal-hal yang Dapat Membantu Menghindari Maksiat

Lanjut, datanglah sang penanya dengan lembaran kertasnya kepada Habib Abdurrahman dan didapati beliau sedang menarik timba air di sumur yang dalam. Kata sang penanya, "Ya Habib, saya ada pertanyaaan dan saya sudah datang kepada AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD dan beliau minta saya untuk datang ke sini." Mendengar nama sang guru disebut, maka Habib Abdurrahman seketika menghentikan perkerjaannya dan seraya berkata, "MARHABAN BI-SYAIKHIY ABDULLAH AL-HADDAD yang bersama utusannya. Ada perlu apa?" Coba perhatikan! Di sini Habib Abdurrahman dalam posisi masih memegang tarik timba air sumur itu, lalu duduk dan mengikatkan tali timba itu pada kakinya. Dan meminta secarik kertas dan pena untuk menjawab persoalan dari sang penanya.

Semua lembaran soal itu dijawab oleh Habib Abdurrahman Bilfaqih seketika tanpa membuka kitab atau referensi. Beliau menjawab semua persoalan dari sang penanya melalui hafalannya. Masya Allah. Maka setelah selesai dengan hajat si penanya, Habib Abdurrahman pun melanjutkan kembali menarik air timba sumur untuk sawahnya. 

Kemudian si penanya kembali kepada Imam al-Haddad dan seraya menceritakan semua kepada Imam al-Haddad. Maka kata Sang Habib, "Bagaimana? Tidak melihat kitab untuk kembali menjawab? Semua dijawab dengan hafalannya bukan. Inilah salah satu ALLAMAH AD-DUNYA." Masya Allah Tabarakallah. Sungguh kisah ini dapat memberi motivasi kepada diri kita yang saat ini berprofesi apa saja, asal itu halal dan thayyib. Jangan berkecil hati dengan zahiriyah anda. Berkacalah pada Salafush Saleh dahulu, mereka lakukan apa saja sesuai kodrat yang Allah berikan kepadanya. Tapi tak menutup diri bagi mereka untuk menjadi sosok ULAMA, ALLAMAH, dan HAMBA SALEH sekalipun!

*Dinukil dari kajian dalam kitab IQDUL YAWAAQIT AL-JAUHARIYAH bersama al-Habib Ahmad ibn Jindan, al-Hawthah.

Oleh: Mohsen Basheban

Demikian Artikel " Apapun Profesi Pekerjaanmu, Jadilah Orang Soleh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close