Bacaan Doa Syukuran Rumah Baru: Arab, Latin, Terjemahan

BACAAN DOA SYUKURAN RUMAH BARU: ARAB, LATIN, TERJEMAHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Doa syukuran rumah adalah sebuah tradisi atau upacara yang dilakukan oleh umat Islam khususnya umat muslim di Indonesia untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada mereka dalam bentuk kepemilikan rumah baru. Biasanya, doa syukuran rumah dilakukan setelah rumah selesai dibangun atau direnovasi.

Tradisi ini bukan hanya sekedar ritual formalitas semata, melainkan juga sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan kepada Allah SWT atas karunia-Nya. Dalam doa syukuran rumah, umat Islam berdoa agar rumah yang baru ditempati tersebut menjadi tempat yang penuh berkah, aman, dan nyaman bagi penghuninya.

$ads={1}

4 Tahapan Sebelum Syukuran Rumah

Ada beberapa tahapan yang biasanya dilakukan dalam syukuran rumah:

1. Tahap pertama adalah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk acara tersebut. Hal ini termasuk menyediakan makanan dan minuman untuk para tamu yang hadir, serta menyusun tata letak ruangan agar terlihat lebih indah.

2. Setelah semua persiapan selesai, tahap kedua adalah memanggil seorang ustadz atau kyai untuk memimpin doa syukuran rumah. Ustadz atau kyai ini akan membacakan doa-doa yang telah ditentukan sesuai dengan tuntunan agama Islam. Doa-doa tersebut berisi permohonan kepada Allah SWT agar rumah yang baru ditempati tersebut menjadi tempat yang penuh berkah dan dilindungi dari segala bentuk bahaya.

Baca juga: Doa Agar Terhindar Dari Teman, Tetangga dan Pergaulan yang Buruk

3. Tahap ketiga adalah prosesi pengajian atau ceramah agama yang dilakukan oleh ustadz atau kyai. Pada kesempatan ini, mereka akan memberikan penjelasan tentang pentingnya bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada umat-Nya. Selain itu, mereka juga akan memberikan nasihat dan pelajaran agama kepada para tamu yang hadir.

Selain itu, Amalan yang dibaca diantaranya amaliyah yasin dan tahlil, bisa juga ditambah dengan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam.

4. Setelah pengajian selesai, tahap keempat adalah makan bersama atau jamuan makanan yang telah disiapkan sebelumnya. Ini merupakan momen yang sangat dinantikan oleh semua tamu yang hadir. Biasanya, makanan yang disajikan adalah makanan tradisional yang khas daerah setempat. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar tetangga dan kerabat yang hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: 6 Amalan (Doa) Agar Bayi Tidak Rewel (Sering Menangis)

Doa Syukuran Rumah Baru Arab, Latin dan Terjemahan

Berikut adalah doa pertama yang dibaca ketika memimpin acara syukuran:

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

A’udzubillahi mina syaitanir rajim. Bismillahi rahmani Rahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yambaghi lijalaali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanika.

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad. Allahumma inna nas’aluka khairal maulaji, wa khairal makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa ‘ala rabbina tawakkalna. Allahummaghfirlana dzunubana wawassi’ lana fi daarina hadza.

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا.

Allahumma barik lana fi arzaqina wa barik lana fi ma’isyatina wa barik lana fi buyutina wa barik lana fi ‘umurona wa barik lana fi umurina.

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

Allahumma sallimna wa sallim diinana wa sallim ajsadana wa sallim amwalana min bala’I dunya wa ‘adzabil akhirah. Robbana adkhilna mudkhola shidqi wa akhrijna mukhroja shidqi waj’al lana min ladunka shulthanan nashiiraa.

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً 

Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin 'Imran, wa najjz Yunusa min bathnil ḫut, wa sayyaral fulka li man sya-a, antal 'alimu bi 'adadi qathril biḫari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi 'aja'ibil makhluqat. As'alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya Mujiba man da'ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla' manzili hadza khairan wa barakah. 

وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shollallahu ala sayyidina muhammadin wa ala aali wa shohbihi wa sallim.

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ 

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yashifun, wa salaamun alal mursalin wal hamdulillahi rabbil alamin. Alfatihah.

Artinya:

“ Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu dan  segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemuliaan serta keagungan kuasa-Mu.”

" Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad. Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami bersesah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini."

" Ya Allah berkahilah rizki-rizki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami."

" Ya Allah selamatkanlah kami, agama kami, fisik-fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Ya Tuhan kami,masukkanlah kami dengan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar dan berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong."

"Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin 'Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapa pun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil."

"Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi."

"Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan."

" Semoga rahmat ta’dhim Allah selalu dilimpah-kan kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarganya serta para sahabatnya dan semoga Allah memberi keselamatan."

“ Maha Suci Tuhanmu yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, dan segala puji bagi allah Tuhan semesta alam.”

Kesimpulan

Dalam Islam, doa syukuran rumah juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan kepada umat-Nya. Dalam banyak ayat Al-Quran, Allah SWT menekankan pentingnya bersyukur dan mengucapkan rasa syukur kepada-Nya. Dengan melakukan doa syukuran rumah, umat Islam mengingatkan diri mereka sendiri untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dalam kesimpulannya, doa syukuran rumah adalah tradisi atau upacara yang dilakukan oleh umat Islam untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan dalam bentuk kepemilikan rumah baru. Melalui doa syukuran rumah, umat Islam berdoa agar rumah yang baru ditempati tersebut menjadi tempat yang penuh berkah, aman, dan nyaman bagi penghuninya. Doa syukuran rumah juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, serta mempererat hubungan sosial antar sesama. Jadi, mari kita jadikan doa syukuran rumah sebagai momen yang berarti dalam hidup kita.

Penulis & Editor: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Bacaan Doa Syukuran Rumah Baru: Arab, Latin, Terjemahan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close