Perbedaan Wihdatul Wujud dan Wihdatu Syuhud

PERBEDAAN WIHDATUL WUJUD DAN WIHDATU SYUHUD

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam bahasa arab Taraduf adalah khilaf ashel dengan arti kita tidak boleh mengatakan 2 lafaz mempunyai Makna yang sama kecuali ada dalil yang menunjukan hal tersebut.

Dalam Wihdatul Wujud dan Wihdatu Syuhud ada satu kata yang sama yaitu kata wihdah yang maknanya satu atau tunggal dan ada kata yang berbeda yaitu kata wujud dan Syuhud.

Arti dari Wujud adalah sebuah Sifat I’tibari pada setiap perkara yang ada dalam realiti bukan hanya pada otak kita saja maka semua perkara yang ada di khorij mempunyai Wujud seperti Manusia, Malaikat dan Allah akan tetapi wujud Allah itu Qodim adapun selain Allah itu Hadist.

Ini adalah Mazhab Ahli Sunnah yang terbina atas Ta’addud dalam wujud adapun wihdatul wujud terbina atas pemahaman bahwa Wujud itu adalah amrun haqiqi bukan i’tibari dan hanya satu wujud itu lah yang haqiqi adapun yang lainnya adalah perkara yang i’tibari.

Satu wujud inilah yang disebut sebagai wujud Mutlaq atau Allah menurut mazhab Wihdatul Wujud adapun yang lainnya hanya manifestasi atas wujud mutlaq tersebut dan bukan perkara yang haqiqi.

Adapun wihdatu Syuhud adalah sebuah kondisi Hati atau jiwa manusia yang melihat melihat bahwa semua hal didunia ini walaupun mempunyai wujud yang independen (Ta’addud wujud) akan tetapi semuanya berasal atau diciptakan oleh Satu zat yang qodim yaitu Allah ta’ala.

Maka Wihdatu Syuhud adalah sebuah keadaan jiwa yang terbina atas mazhab Ahli Sunnah yaitu Ta’addud wujud adapun wihdatul Wujud adalah sebuah mazhab Aqidah yang meyakini bahwa kondisi realita adalah yang Wujud hanya satu. (Halun fil Wujud)

$ads={1}

Perbedaan antara keduanya jelas cuma sebagian ulama mentafsirkan Wihdatul wujud dengan Wihdatu Syuhud seperti al-Imam Baijuri akan tetapi ini khilaf Tahqiq seperti yang dijelaskan oleh Syeh Saeed fodah dalam kelas Jauharoh beliau dan dibanyak kitab-kitab beliau seperti Fathul Wadud.

Wallahu A’lam,

Oleh: Habib Baqir Al Saqqaf

Demikian Artikel " Perbedaan Wihdatul Wujud dan Wihdatu Syuhud "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close