Sunnah Mengqodho Shalat Yang Tertinggal Dengan Tartib

SUNNAH MENGQODHO SHALAT YANG TERTINGGAL DENGAN TARTIB

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam kitab nihayatuzzain menyebutkan: sunnah menqodo'i solat yang di tinggalkan dengan cara tartib, entah itu adanya udzur atau tidak (mutlak). Dengan alasan mura'atan littartib.

(وَيسن ترتيبه) أَي الْفَائِت فِي الْقَضَاء على تَرْتِيب أَوْقَات الْفَوَائِت وأيامها خُرُوجًا من خلاف من أوجبه فَيبْدَأ بالفائت أَولا وَلَو بِعُذْر وَيُؤَخر عَنهُ الْفَائِت ثَانِيًا وَلَو بِلَا عذر فَلَو فَاتَهُ ظهر هَذَا الْيَوْم مثلا بِعُذْر وعصره بِلَا عذر قدم فِي الْقَضَاء الظّهْر مُرَاعَاة للتَّرْتِيب

وَفهم من هَذَا الْمِثَال أَنه لَو فَاتَهُ عصر الأمس وَظهر الْيَوْم قدم فِي الْقَضَاء عصر الأمس على ظهر الْيَوْم مُرَاعَاة للتَّرْتِيب

tetapi kalo dalam kitab fathul mu'in mengatakan: kesunnahan tartib ini apabila solat yang ditinggalkan semuanya adalah karena adanya udzur. 

Baca juga: Hukum Shalat di Akhir Waktu Karena Pekerjaan

Artinya, ketika ada dua solat ditinggalkan, semisal meninggalkan solat dzuhur karena udzur dan juga meninggalkan solat asar tetapi tidak adanya udzur. Maka menurut Kitab nihayatuzzain sunnah mendahulukan menqodo'i solat dzuhur sedangkan kalo menurut Kitab fathul mu'in harus mendahulukan solat asar.

$ads={1}

Dan kalo dilihat dari segi pengambilan kedua pendapat tsb maka lebih kuat pendapat fathul mu'in, karena berpijakan pada pendapat imam Ibnu hajar, sedangkan Kitab nihayatuzzain berpijak pada pendapat nya imam Ramli.

(قوله: ويسن ترتيبه) أي إن فات بعذر، بدليل قوله: بعد، ويجب تقديم ما فات بغير عذر على ما فات بعذر، وكان عليه أن يذكر هذا القيد هنا كما ذكره فيما بعد.

والتقييد بما ذكر هو ما جرى عليه شيخه ابن حجر.

واعتمد م ر سنية ترتيب الفوائت مطلقا، فاتت كلها بعذر أو بغيره، أو بعضها بعذر وبعضها بغير عذر

Oleh: Farodisa

Demikian Artikel " Sunnah Mengqodho Shalat Yang Tertinggal Dengan Tartib "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close