3 Urutan Bacaan Surat Pendek Saat Shalat Tarawih

3 URUTAN BACAAN SURAT PENDEK SAAT SHALAT TARAWIH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sholat tarawih merupakan sholat sunnah urutan ke tujuh paling afdhol dari seluruh sholat Sunnah. jumlah rakaatnya 20 raka'at dengan salam setiap dua raka'at.

Adapun urutan surah setelah membaca Al Fatihah menurut kebiasaan yang di amalkan di daerah kaum muslimin antara lain:

1. Paling Afdhal dan paling utama dengan mengkhatamkan Al-Qur'an 30 juz selama Ramadhan seperti menyelesaikan satu juz setiap malam untuk surah tarawih.

2. Membaca surah surah juz 'Amma mulai dari surah al-Dhuha sampai An-Nas secara berurutan mulai rakaat pertama sampai raka'at ke 20. Dan yang diamalkan oleh kebanyakan penduduk Tarim di Yaman

3. Membaca surah al-Takatsur sampai al-Masad setelahnya surah Al-Ikhlas. Inilah yang biasa diamalkan penduduk Mesir, Makkah, dan Indonesia (Meskipun setelah malam 15 diganti menjadi surah al-Qodar)

Baca juga: Antara Tarawih 2 Rakaat 1 Salam dan 4 Rakaat 1 Salam

Ketentuan:

- metode pertama merupakan metode paling utama setelah itu di susul metode ke dua.

- metode ke tiga dan inilah yang kita amalkan biasanya di Indonesia hukumnya kurang baik (khilaful Aula) jika orangnya masih hafal surah secara berurutan sehingga tidak terjadi pengulangan surat setiap raka'at dan sebagian ulama mengatakan Bid'ah yang tidak baik (Bid'ah Ghoiru Hasanah). 

$ads={1}

Syahdan, 

Oleh karena itu, alangkah baiknya Imam Tarawih atau yang sholat taraweh sendirian yang sudah hafal surat Ad-Dhuha sampai An-Nas membaca surat itu secara berurutan sampai rakaat yang ke 20 demi menghindari hukum khilaful aula atau bid'ah ghoiru Hasanah.

Referensi '

- I'anatuttholibin 1/266

- Hasyiyah al-Bajuri 1/542

- Hasyiyah al-Tarmasi 3/525.

Sibuhuan, 16 Ramadhan ( 27 Maret 2024).

Oleh: Ali Lubis Al Mandili

Demikian Artikel " 3 Urutan Bacaan Surat Pendek Saat Shalat Tarawih "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close