Tiga Macam Karakteristik Ulama

TIGA MACAM KARAKTERISTIK ULAMA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ulama ada tiga golongan:

1. Wa'edz yaitu penceramah

masyarakat umum utk menyampaikan amar ma'ruf nahi mungkar. Namun wa'edz belum mampu utk membimbing bathin ruhani umat utk bermakrifat,karena masih terlintas dihatinya mengharapkan popularitas dari orang lain.

2. Alim yaitu ahli ilmu agama

Alim adalah mereka ulama ahlu ilmi yang ahli dibidang ilmu fikih, aqidah, akhlak, tafsir, hadist dan lainnya yang membimbing lahiriyah umat tapi belum dapat membimbing ruhaniya umat karena masih tersisa sifat wujud nafsu, dalam hatinya bahwa dirinya lebih alim dari orang lain.
$ads={1}

3. Arif yaitu murabbi umat

Arif adalah merekalah ulama-ulama ahlu kasyf derajat Wali Allah, perjalanan akal, hati, ruh dan sirri mereka telah tenggelam kedalam lautan hakekat makrifat Allah. Ia tidak mengharapkan pujian bahkan sangat benci kalau dipuji dan ia merasa dirinya fakir dan ilmu yang didapat tak,lain merupakan pemberian Allah Ta'ala.

Allah telah mentajallikan nur kasyf didalam bathinnya sehingga mereka memahami segala perkara-perkara ghaib. Merekalah para Syekh Murabbi yang dapat membimbing umat untuk berjalan kepada Allah.

Demikian Artikel " Tiga Macam Karakteristik Ulama "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close