Kewalian H Muhammad Dahlan (Guru Cantung) di ungkap Oleh Habib Lutfhi

KEWALIAN H MUHAMMAD DAHLAN (GURU CANTUNG) DI UNGKAP OLEH HABIB LUTHFI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Guru Cantung adalah salah satu murid Tuan Guru syech Seman Mulia albanjari Sewaktu menuntut ilmu, Guru Cantung sempat menjadi pegawai negeri di Departemen Agama (sekarang, Kementerian Agama). Hingga suatu ketika, dia diperintah Guru Seman untuk mengasingkan diri.

Guru Dachlan pun kemudian uzlah di sebuah bukit di daerah Cantung, sekitar 5 kilometer mendaki dari peristirahatan terakhir beliau di Ladang Musafir, Sungai Kupang, Kabupaten Kotabaru. Sebagaimana diceritakan Ketua Fatwa MUI Kalsel, Ustadz H Abdussamad Sulaiman Lc, beliau dan para ulama asal Banjarmasin pernah berkunjung ke kediaman Habib Luthfi bin Yahya yang merupakan Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah (Pimpinan Jemaah Ahli Tarekat) di Pekalongan.

$ads={1}

Oleh beliau, diperintahkan untuk silaturahmi ke kediaman Guru Cantung. Setelah pulang ke Kalsel, Ustadz Abdussamad dan para ulama pun kemudian bersilaturrahmi ke kediaman Guru Cantung. Sesampainya di sana, Guru Cantung pun bertanya dari mana mengetahui sosok beliau yang saat itu menyembunyikan diri. Maka disebutlah nama Habib Luthfi bin Yahya.

Mendengar nama Habib Luthfi bin Yahya, Guru Cantung pun tersenyum sembari berujar, “Habib kan punya radar (signal) .”

Kalam guru cantung: “menjadi pegawai itu mudah, yang sulit itu menjadi pegawai Allah tetapi pegawai Allah itu hebat/mulia”

Baca Juga: Awal Kisah Kenapa Tarim Menjadi Kiblat Menuntut Ilmu Oleh Pelajar Seluruh Dunia

Guru Cantung berpulang kerahmatullah pada 15 Mei 2004 M (bertepatan dengan 25 Rabiul Awwal 1425 H) dimakamkan di desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Al Fatihah...

Semoga dengan adanya kisah ini dan kisah-kisah Waliyullah lainnya mendapatkan barokah dari mereka, Aamiin Ya Rabbal 'alaamiin..

Sumber : www.bangkitmedia.com

Demikian Artikel " Kewalian H Muhammad Dahlan (Guru Cantung) di ungkap Oleh Habib Lutfhi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close