Abu Janda: Al-Qur'an Sudah Tidak Murni Pasca Nabi Muhammad SAW

ABU JANDA: AL-QUR'AN SUDAH TIDAK MURNI PASCA NABI MUHAMMAD SAW


RUMAH-MUSLIMIN.COM - Permadi arya atau yang dikenal dengan Abu Janda merupakan pegiat media sosial yang sering menimbulkan kontroversi. Banyak statement-statement yang dilontarkannya mengandung ujaran kebencian, kesesatan dan menuai perdebatan.

Kali ini Abu Janda mengeluarkan statement kontroversialnya kembali yang meyakini bahwa isi ayat Al-Qur'an bisa jadi telah di update setelah pasca Nabi Muhammad SAW.

Pada Tanggal 28 Februari 2022 kemarin, Abu Janda memposting ucapan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di akun Instagramnya. Di dalam captionnya, ia menceritakan sejarah latar belakang foto yang diunggahnya. diakhir paragraf ia seakan-akan meragukan Al-Qur'an Surat Al Isra ayat 1 dan berpendapat surah tersebut kontradiksi dengan sejarah berdirinya Masjidil Aqsa.


Hal ini membuat pengikutnya bertanya-tanya, salah satunya akun Instagram gus_widhi99. Ia menyimpulkan bahawa ada kebohongan di dalam Al-Qur'an.

$ads={1}

" Jadi, ada kebohongan dong dalam al quran " Komentarnya.

Lantas Abu Janda menjawab:

" AlQuran dibukukan setelah Nabi wafat. Bukan tidak mungkin ada update-update pada ayat yang dilakukan oleh Khalifah2 pasca nabi " Jawab Abu Janda.




Pernyataan Abu Janda mendapatkan kecaman publik. Sebab dirinya telah menyebarkan berita palsu dan berbicara di rana yang ia sendiri tidak kuasai.

Banyak Para Ulama yang turut komentar atas pernyataan Abu Janda tersebut, salah satunya Kyai Abdul Wahab Ahmad, Kyai muda NU asal Jawa Timur. Melansir melalui facebook Kyai Abdul Wahab Ahmad, beliau memberikan bantahan atas kebohongan yang dilontarkan oleh Abu Janda, berikut isi postingannya:

Sebelum bicara dengan nada meragukan informasi al-Qur'an, harusnya Permadi alias Abu Janda ini belajar sejarah yang beneran, jangan cuma baca secuil lalu komen sok yes.

Masjidil Aqsha adalah kompleks tua yang dibangun jauh sebelum Masehi. Dalam sebuah hadis sahih dijelaskan:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ: أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قُلْتُ: كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: «أَرْبَعُونَ سَنَةً

"Dari Abu Dzarr dia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah: "Masjid apakah yang pertama dibangun di muka bumi?" Rasulullah menjawab:  "Masjidil Haram". Aku bertanya, "Lalu apa?". Rasul bersabda: "Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi: "Baraoa lama jarak antara kedua pembangunan itu?". Rasulullah menjawab: "40 tahun".  (HR. Muslim)

Kalau merujuk pada hadis tersebut, maka masjidil Aqsha dibangun 40 tahun pasca dibangunnya ka'bah. Beberapa sejarawan bahkan menulis bahwa pertama kali ia dibangun oleh Nabi Adam. Jadi di masa Nabi Muhammad masjid ini sudah sangat terkenal baik oleh orang Arab atau pun non-Arab, muslim atau non-muslim, namun saat itu terkenal dengan nama Baitul Maqdis. Ia menjadi Kiblat shalat pertama umat islam sebelum akhirnya Kiblat diubah menjadi ke arah ka'bah.
Adapun yang disebut oleh si Abu Janda ini bahwa ia dibangun pada era dinasti Umayah tak lebih dari sekedar pemugaran ulang, bukan pembangunan pertama kali. Jadi seharusnya dia bertanya ke orang yang tahu kalau dia menemukan bacaan yang menurut dirinya aneh, bukan malah menyimpulkan yang tidak-tidak seolah-olah al-Qur'an salah. Menyalahkan pengetahuan umum, apalagi al-Qur'an, adalah kebodohan yang hakiki.
Bagaimana pun juga, Kapasitas abu janda bukan sebagai alim ulama. Seharusnya ia tidak boleh sembarangan memberikan pernyataan/jawaban/kesimpulan persoalan agama islam.


Bagaimana menurut sobat rumah-muslimin?

Yuk Komentarnya

Ditulis: Hendra, S

Demikian Artikel " Abu Janda: Al-Qur'an Sudah Tidak Murni Pasca Nabi Muhammad SAW "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

1 Komentar

  1. Abu janda sok ngerti Al Qur'an padahal jahlun morukab, Al Qur'an dijaga Allah kemurniannya cara Allah menjaganya diantaranya mudah menghafalnya mulai dari sahabat, taabiin dan tabi tabiin sampai dengan sekarang, hafalnya bukan hanya ayat-ayatnya tapi perhurufnya sehingga Al Qur'an terjaga kemurniannya. Yg dipermasalahkan abu janda tentang masjid al aqsho adanya setelah nabi wafat ini bukti bahwa abu janda benar-benar dungu tentang sejarah masjidil aqsho.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama
close