100+ Kalam Habib Muhammad Al Bagir bin Alwy Bin Yahya

100+ KALAM HABIB MUHAMMAD AL BAGIR BIN ALWY BIN YAHYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Al Habib Bagir bin Alwi bin Yahya atau yang dikenal dengan Habib Bagir merupakan salah satu tokoh habaib yang berpengaruh di Indonesia. Beliau merupakan salah satu dewan guru Majelis Rasulullah SAW, Pendiri Majelis Taklim Warotsatul Musthofa sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Hayatuddin.

Habib Bagir dikenal sebagai sosok ulama yang tegas ketika menyampaikan ceramah, diselingan waktu beliau juga terkadang menyampaikan dakwahnya dengan sedikit gurauan. Hal ini yang membuat banyak jamaah senang dengan metode dakwah yang beliau sampaikan.

Banyak kalam-kalam hikmah yang beliau sampaikan disetiap ceramahnya. Pada kali ini kami akan membagikan Kumpulan Kalam Habib Bagir bin Yahya. Semoga apa yang dibagikan ini dapat membuat para pembaca mendapatkan manfaatnya. Berikut kalam-kalamnya:

1. "Libatkanlah ALLAH dalam segala sesuatu kejadian yang kita alami, terkadang dengan kesibukan dunia kita lupa kalau ada ALLAH yang tak pernah melupakan kita dalam setiap keadaan."

2. "Ketika orang hanya perduli pada kesalahanmu, maka janganlah berharap apapun dari mereka untuk bisa perduli pada kebenaran yang kamu lakukan, Senyumin aja."

3. "Begitu cinta dan sayang Nabi Muhammad ﷺ kepada kita, beliau setiap malam menangis mendoakan kita umatNya agar diampuni oleh ALLAH, yang mana bahkan dari kita ada yang tidak menangis untuk dirinya sendiri atas dosa yang telah diperbuatnya."

4. "Ganti Kebiasaan Lama Yang Melalaikan ALLAH Dengan Kebiasaan Yang Mengingatkan Kita Kepada ALLAH."

5. "Cinta selalu membawa kebaikan, bukan membawa keburukan, atau menjadi benalu dalam kehidupan, bahkan sampai mengantarkan manusia dalam kehancuran."

6. "Untuk melakukan kebaikan janganlah kita menundanya, karena syaithan senang dengan ditundanya kebaikan dan syaithan seringkali membuat kita lupa sehingga kita tidak jadi melakukan kebaikan."

7. "Keindahan dunia sering kali menipu pandangan manusia, sampai kita lengah, dan banyak manusia yang tidak tersadar dengan tipuannya kecuali saat waktu hidupnya sudah berakhir."

8. "Yah begitulah dunia, manusia sibuk menghias dunia sampai tidak sadar kalau yang dia hias akan dia tinggalkan."

9. "Jika Allah tetap nak berikan musibah buat kita, kita jangan putus asa. “Oh! Saya sudah berdoa, tapi Allah tetap memberikan ujian untuk kita.” Sebab musibah itu bukan tanda Allah murka pada hamba-Nya. Tak selalu tanda Allah marah, murka pada hamba-Nya, tak. Supaya mengajarkan kita, jangan kita berprasangka buruk. Ada satu tempat, ada satu wilayah, terkena bencana, (lalu) “ooo, orang-orang disini banyak dosanya.” Terus kita langsung bersangka buruk dengan mereka. Hati-hati! Bahaya! Ini sangka buruk yang besar. Sangka buruk kita satu kampung, kita sangka buruk ni, bukan satu orang lagi. Dosa yang besar, dosa yang banyak. Tapi berprasangka baik. Sebab Nabi ﷺ, Baginda pernah menyatakan kepada kita, “Allah kalau mencintai satu kaum, mencintai satu orang, Allah beri dia ujian.” Tanda cinta-Nya Allah."

$ads={1}

10. "Banyakin inget mati biar sadar hidup didunia akan dilewati."

11. "Orang yang sangat mencintai kita tidak pernah berhenti mencintai, walaupun kita telah membuat luka yang berulang, dia selalu memaafkan dan selalu ingin kita berubah untuk memperbaiki kesalahan."

12. "Sesali Kesalahan, Mintai Pengampunan, Lengkapi Kekurangan, Syukuri Pemberian, Perbaiki Keadaan, Jalani Kenyataan, Isi Kebaikan, Usai Permasalahan, Beri Kemurahan, Kasihi Persamaan, Hormati Perbedaan, Peduli Meringankan, Hidupi Kemanusiaan, Suguhi Kelaparan, Senangi Kesedihan, Ajak Ketaqwaan, Hindari Kemaksiatan, Ingati Kematian, Indahi Kehidupan, Selamati Perjalanan, Cahayai Kuburan, Cintai Perjumpaan."

13. "Makhluk tidak bisa merubah keadaan kita mereka hanya bisa mengarahkan, menunjukkan, membawa kita pada kebaikan namun tidak bisa merubah keadaan kita, yang bisa merubah keadaan kita hanyalah Allah SWT."

14. "Jangan bersedih jika kau kehilangan bintang karena dilangit masih banyak bintang, dan jika tidak ada bagianmu dari salah satu bintang itu mungkin kaulah yang akan mendapatkan bulan."

15. "Lakukanlah kebaikan dan biarkan dia ditujukan kepada siapapun dia tertuju, maka apabila teruju kepada yang pantas maka mereka adalah yang pantas (menerima kebaikan) , dan apabila tertuju kepada yang tidak pantas maka kamulah orang yang pantas (melakukan kebaikan)."

16. "Allah yang maha Penyayang dan kasih sayangnya tidak terbatas, tidak akan mengembalikan tangan yang meminta dengan kekosongan tanpa pemberian-Nya."

17. "Jangan Pernah Menilai orang dari masa lalunya, terkadang mereka yang mempunyai masa lalu yang buruk itu mampu menciptakan masa depan yang indah."

18. "Bersabarlah dengan segala kesulitan yang kau hadapi, sebab setiap kesulitan pasti akan usai dan pergi. Tinggalkanlah rasa putus asa dan janganlah bersedih, ingat yang Allah pesankan setiap kesulitan akan bersamaan datang kemudahan."

19. "Dakwah bukanlah karena kita ingin banyak pengikut, bukan karena ingin dicintai, tapi untuk menyampaikan amana mengajak orang ke jalan Allah untuk diamalkan yang dimulai dari diri sendiri."

20. "Terkadang tidak harus menunggu awan gelap untuk turun hujan, hujan sering kali turun walaupun awannya terang."

21. "Bicara dengan ucapan tidak baik, sebut nama binatang untuk ngerendahin orang lain, didengar oleh anak anak atau yang lebih muda, itu akan menjadi contoh dan ditiru oleh mereka."

22. "Kalau sudah diangkat derajatnya sama Allah dalam kebaikan, maka jangan jatuhin diri sendiri dalam kehinaan."

23. "Orang yang sangat mencintai kita tidak pernah berhenti mencintai, walaupun kita telah membuat luka yang berulang, dia selalu memaafkan dan selalu ingin kita berubah unfuk memperbaiki kesalahan."

24. "Makhluk tidak bisa merubah keadaan kita mereka hanya bisa mengarahkan, menunjukkan, membawa kita pada kebaikan namun tidak bisa merubah keadaan kita, yang bisa merubah keadaan kita hanyalah Allah SWT."

25. "Kenalilah Nafsu, jangan merasa aman dari tipu dayanya, maka nafsu itu lebih buruk dari 70 syaithan."

26. "Allah yang maha Penyayang dan kasih sayangnya tidak terbatas, tidak akan mengembalikan tangan yang meminta dengan kekosongan tanpa pemberian-Nya."

27. "Manusia memang tempatnya lupa dan kesalahan, akan tetapi bukan untuk menjadikan alasan untuk berbuat kesalahan."

28. "Orang paling bahagia, ialah mereka yang selalu memaafkan, karena mereka tau nilai hidup didunia hanya untuk kebaikan, dan mereka tidak perduli dengan kesalahan orang lain padanya."

29. "Mari jaga akhlaq kita untuk tidak sombong, dan tidak ada yang pantas kita sombongkan karena kita semua akan kembali ke dalam kubur."

30. "Dan Dia (ALLAH) telah memberikan kepadamu dari segala apa yang kamu minta kepada-Nya. [Surat Ibrahim 34]. Dengan ini kita menyadari bahwa sesuatu antara kita dan pemberian ALLAH adalah permohonan (doa) yang tulus dan berperasangka baik kepada ALLAH."


31. "Saat orang lain salah paham tentang dirimu, sedangkan engkau tak mampu menjelaskannya, Maka satu hal yang mungkin mampu menghiburmu. "Sesungguhnya aku tidak akan diadili oleh Allah karena prasangka mereka, Tapi aku akan di adili olehNya atas kenyataan Perbuatanku."

32. "Ucapan terimakasih itu sederhana tapi bagi sebagian orang menjadi penghargaan besar dan memberikan bekas baik dihati."

33. "Banyak yang diterima dari nikmat, bahkan tidak mampu untuk dicatat, namun sering merasa kurang dan tidak melihat, tidak bersyukur dengan taat, malah jadikan hidup dalam maksiat, bukan bersadar diri dan bertaubat, lebih senang meraih jalan yang sesat, semua itu akan jadi penyesalan di hari kiamat."

34. "Dunia dan seisinya gak ada yang dibawa mati. Dari dunia hanya kafan dan amal yang dibawa mati."

35. "Istiqomah adalah kesungguhan dan keteguhan setiap hamba dalam menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah."

36. "Jalan menuju syurga banyak, dan pada berebut untuk memasukinya, jalan yang tidak berebut adalah kefaqiran yang selalu bersyukur."

37. "Kita hidup jangan ngeluh aja, kalau ngeluh aja dikasih susah mulu ama Allah banyakin prasangka baik ama Allah."

38. "Orang baik memberimu kebahagiaan, orang jahat memberimu pengalaman, dan orang paling jahat memberimu pelajaran."

39. "Jangan nunggu tidak ada kemudian kita akan merasakan kehilangan. Sesuatu itu akan menjadi berharga kalau sudah tidak ada, karena seringkali kita menganggap biasa ketika masih ada."

40. "Adab itu paling penting, orang yang tidak punya adab maka dia tidaklah penting."

41. "Kebaikan itu tidak berasal kecuali dari hati yang baik."

42. "Sulit menerima nasihat dari yang tidak kita cintai, namun kalau kita sudah cinta padanya pasti kita akan menerima dan patuh atas setiap nasihatnya."

43. "Yang tidak bisa menolong diri mereka sendiri, bagaimana ia bisa menolong dirimu."

44. "Allah mudah membolak balikkan hati manusia, maka mintakah kepadanya agar hati selalu ditetapkan dalam iman dan Islam hingga akhir hayat."


45. "Seberapa hinanya kita dihadapan-Nya, entah seberapa buruknya kita dihadapan-Nya, tapi dia tidak pernah menghilangkan rasa kasih sayang-Nya pada kita."

46. "Menyia-nyiakan waktu lebih buruk dari kematian, karena kematian memutuskanmu dari dunia, adapun menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari akhirat."

47. "Nikmat-Nya Didepan mata, bahkan sudah digunakan, namun ada yang tidak sadar atas anugerah nikmatnya yang begitu berharga."

48. "Jangan engkau bandingkan hidupmu dengan orang lain, tidak ada perbandingan antara matahari dan bulan, keduanya bersinar di waktunya sendiri."

49. "Jangan bercita-cita untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Bercita-citalah untuk menjadi lebih baik dari diri kita sendiri yang sebelumnya."

50. "Jagain perasaan hati orang tuh kaya megang telor pake beberapa jari, kita salah gerak aja pecah."

51. "Manusia itu tempatnya salah, manusia penuh kekurangan. Tapi manusia akan sempurna dan mulia jika dia mau mengakui kesalahannya lalu meminta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahannya dan merasa diri tidak lebih dari orang lain."

52. "hati akan mati kalo emang setiap hari nya tidak di isi dengan kalam ilahi para habaib dan ulama."

53. "Masalah serius kalau seorang muslim tidak tau niat sholat, niat wudhu, surat al fatihah dan lainnya daripada perkara yang semestinya diketahui secara darurat penting dalam menjalani agama (karena ini semua adalah ilmu wajib)."

54. "Yang mencintai disaat ada kelebihan, akan meninggalkan disaat ada kekurangan."

55. "Tidak Ada Yang Lebih Bermanfaat Obat Sakit Hati Yaitu Hadir Di Majelis Ilmu, Duduk Di Majelis Ilmu, Dengerin Ceramah Ceramah Agama."

56. "Dunia tuh tempatnya capek, gaada didunia tempatnya seneng, senengnya? Tar disurga baru ente ngerasain senengnya."

57. "Kematian adalah sebuah pintu dan semua manusia akan memasukinya."

58. "Salah Satu Yang Menyelamatkan Kehidupan Manusia Itu Menghadiri Majelis-majelis Ilmu."

59. "Jangan pernah merasa diri kita lebih baik dari orang lain, agar kita bisa menerima nasihat ketika kita salah."

60. "Jadilah orang yang apabila melihatmu ingin menjadi sepertimu, yang mengenalmu selalu mendoakanmu, dan yang mendengar tentangmu ingin menjumpaimu."

61. "Kamu berhak memuji siapapun yang kamu suka, tapi kamu tidak berhak menghina/mencaci siapapun yang kamu tidak suka."

63. "Jadi orang pemaaf itu gak rugi kalo kita mikir pengen dapat maaf dari ALLAH semudah kita memaafkan orang."

64. "Dakwah harus kita sampaikan dimanapun sebisa kita semampu kita, banyak yang menunggu untuk mendapatkan nasihat baik bahkan ada yang menyambut nasihat dengan baik, maka jangan pernah batasi dalam berdakwah."

65. "Tidak ada yang salah dalam berperasangka baik, walaupun kepada orang yang tidak baik."

66. "Kita hidup jangan ngeluh aja, kalau ngeluh aja dikasih susah terus sama Allah. Banyakin prasangka baik sama Allah."

$ads={2}

67. "Balaslah kebaikan, walaupun mereka tidak berlaku baik padamu."

68. "Sulit menerima nasihat dari yang tidak kita cintai, namun kalau kita sudah cinta padanya pasti kita akan menerima dan patuh atas setiap nasihatnya. cinta dan terima nasihatnya."

69. "Paling beruntung adalah mencintai orang-orang sholeh, dan lebih beruntung lagi kalau kita dicintai orang-orang sholeh."

70. "Seberapa hinanya kita dihadapan-Nya, entah seberapa buruknya kita dihadapan-Nya, tapi Dia tidak pernah menghilangkan rasa kasih sayang-Nya pada kita."

71. "Hakikat bersedekah tidak akan menghabiskan harta, akan tetapi menambahnya menambahnya dan menambahnya, begitulah yang disampaikan Nabi Muhammad ﷺ."

72. "Jangan pernah merasa diri kita lebih baik dari orang lain, agar kita bisa menerima nasihat ketika kita salah."

73. "Tampakkan bahwa kita selalu dalam keadaan baik walau banyak derita yang kita alami dalam kehidupan, karena menyembunyikan kesedihan lebih baik daripada mengharap belas kasihan orang lain."

74. "Menjatuhkan orang lain itu justru malah menjatuhkan diri sendiri dihadapan orang lain."

75. "Disaat kita tidak dianggap oleh siapapun maka berjalanlah sendiri, dengan sendiri kita akan jauh dari perselisihan, jauh dari perdebatan dengan orang lain, terkadang berjalan sendiri itu baik untuk kita."

76. "Jangan nunggu punya masalah baru mau ngaji, baru mau deketin diri ma ALLAH, baru mau jadi sholeh / sholehah."

77. "Jangan bercita-cita untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Becita-citalah untuk menjadi lebih baik dari diri kita sendiri yang sebelumnya. Akal pikiran kita akan menjadi sempit jika kita sibuk memikirkan orang lain, dan ia menjadi luas jika kita sibuk untuk memikirkan diri kita sendiri."

78. "Jangan menghakimi seseorang karena masa lalunya, semua orang berhak untuk menjadi lebih baik."

79. "Jadikan hidup kita bermanfaat untuk orang lain, walaupun itu hanya sekedar memberikan padanya rasa semangat."

80. "Dunia indah tapi hakikatnya tidak seindah yang diinginkan dan semua darinya tidaklah abadi, ada saatnya kita meninggalkannya atau dia meninggalkan kita."

81. "Satu-satunya harapan dikala di dunia ini tak ada siapapun yang peduli. Entah seberapa hinanya kita di pandangan ALLAH, meski kita sering melalaikan perintah-Nya dan terkadang melakukan sesuatu yang dilarangnya, namun ALLAH begitu baik Dia tak pernah megurangi sedikitpun nikmat yang diberikan-Nya kepada kita."

82. "Jadi orang pinter aja ga cukup, kita perlu jadi orang baik."

83. "Jangan cari kesempurnaan karena ketika kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasimu yang ada hanya kekecewaan dan sakit hati yang kamu dapatkan, tapi jika kamu mencari ketidak sempurnaan dan ketika kenyataan itu lebih dari yang kamu ekspektasikan justru malah mengundang kebahagiaan dan rasa senang."

84. "Sebagian orang tidak tau bagaimana rasa senangnya santri dikasih hadiah, bahagianya mereka itu bisa dirasakan oleh orang orang yang selalu berusaha membahagiakan orang lain."

85. "Bisa melakukan kebaikan adalah rahmat ALLAH kepada kita, bisa ibadah, bisa berpuasa, bisa mengaji, bisa berdzikir, bisa beramal... tidak semua orang diberikan nikmat bisa melakukan kebaikan."

86. "Yang mahal itu adalah persahabatan abadi yang selalu mengajakmu dalam setiap kebaikan dan merangkulmu dalam setiap keadaan."

87. "Sebaik-baiknya kita mengeluh hanya pada ALLAH, dalam sujud kita dalam dzikir kita dalam ibadah lainnya, karena hanya ALLAH lah pendengar setia dan yang akan memenuhi semua kesenangan bathinmu dikala sedih."

88. "Saat orang lain salah paham tentang dirimu, sedangkan kau tak mampu menjelaskannya,..
Maka satu hal Yang mungkin mampu menghiburmu.. “Sesungguhnya… aku tidak akan diadili oleh ALLAH Karena prasangka mereka, Tapi aku akan di adili oleh ALLAH atas kenyataan perbuatanku”.

89. "Setiap kamu merasa sendiri dalam berjalan, ketahuilah ALLAH menunggu permohonanmu padaNya, Dia akan menemanimu, membantumu memudahkan langkahmu."

90. "Hidup kita masih terikat dengan dunia, semoga ALLAH jadikan dunia yang kita cari dan dapatkan menjadi bekal untuk kita semua diakhirat."

91. "Ternyata orang yang beruntung itu bukan yang hidupnya mewah atau uangnya banyak, tetapi orang  yang Allah beri setiap waktu lisannya selalu berucap Sholawat kepada Nabi Muhammad Saw, dan itu menjadi sebab keberuntungannya di dunia dan akhirat."

92. "Kamu melihat aku terikat dengan dunia yang fana in, namun siapakah yang akan menjaminku dengan umur panjang?"

93. "Jadilah kamu di malam ini (tahun baru) dan disetiap malamnya termasuk umat yang membahagiakan hati Rasulullah Saw. Janganlah kamu menjadi umat yang membuat sedih hati Rasulullah Saw."

94. "Hakikatnya setiap waktu kita sedang menunggu! Apa yang kita tunggu? Kematian."

95. "Kematian tidak menunggu istiqomahmu, istiqomahlah dan tunggu datangnya kematian."

96. "Kita tidak bisa merubah ketentuan ALLAH, taatlah kita kepada ALLAH dan serahkan semua kehidupan kita kepada ALLAH, jangan khawatir apa yang terjadi esok atau lusa, hidup kita dalam ketentuanNya."

97. "Dunia, keindahannya merayumu mengalihkan pandanganmu, membuatmu mencintainya dan mengejarnya, namun pada akhirnya ia akan membunuhmu."

98. "Ilmu yang mahal adalah ilmu yang bermanfaat dan diamalkan."

99. "Selalu berfikir positiflah bahwa apa pun yang menimpa diri kita akan menjadi kebaikan."

100. "Yang sering diomongin orang dibelakang berbahagialah. Tanpa disadari, lagi tidur, lagi duduk, lagi makan lagi apapun, ia dapat pahala yang besar dan dosanya di ampuni Allah bahkan dipindahkan kepada yang senang ngomongin dirinya."

101. "Ada orang yang hiburannya dengan ibadah, pengajian, sholawatan, dzikiran..! Kalau kamu juga begitu maka beruntunglah, kesenangan dan kebahagiaan itu sesungguhnya datang dari Allah saudaraku."

102. "Bisa berdzikir menyebut nama Allah adalah anugerah dari Allah, pemberian Allah, kehendak Allah. Tidak diberikan kepada sembarang orang, sudah pasti Allah yang Maha menginginkan memberikan itu kepada kita. Bersyukurlah kita yang bisa berdzikir mengingat Allah."

103. "Belajar dari melihat kepada anak-anak, bahwa hati mereka sangatlah bersih, mereka tidak memkirkan dunia bagaiamana dan apa yang terjadi, mereka senang dangan pembawaan orang tuanya, maka bawalah pada kebaikan maka mereka akan menjadi orang yang baik."

104. "Tidaklah kita memperingati maulid Nabi ﷺ atau menghadiri peringatan maulid Nabi ﷺ kecuali ada cinta didalam hati kepada Nabi ﷺ, dan ketahuilah bahwa pecinta kelak dihari kiamat akan dikumpulkan bersama yang dicintai ﷺ."

Demikian Kumpulan Kalam Habib Bagir bin Yahya atau Kata-kata Habib Bagir bin Yahya yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber. Kedepannya akan kami terus tambah kalam-kalam Habib bagir lainnya.

Jika ada salah penulisan ataupun salah kalam mohon untuk koreksinya melalui kolom komentar artikel blog ini.

Demikian Artikel " 100+ Kalam Habib Muhammad Al Bagir bin Alwy Bin Yahya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close