Mana yang mesti didahulukan, Ukhuwah Islamiyah atau Ukhuwah Wathaniyah?

MANA YANG MESTI DIDAHULUKAN, UKHUWAH ISLAMIYAH ATAU UKHUWAH WATHANIYAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam islam ada 4 jenis Ukhuwah yang perlu diketahui diantaranya yaitu Ukhuwah 'Ubudiyah, Ukhuwah basyariyah, ukhuwah wathaniyah dan Ukhuwah Islamiyah (Baca: 4 Macam Ukhuwah Di Dalam Islam Yang Perlu Di Ketahui).

Beberapa hari yang lalu beredar video pembubaran pengajian yang dilakukan oleh pihak GP Ansor Pemekasan-Madura kepada dai muda Ustadz Hanan Attaki yang diadakan di Masjid Al-Muttaqien, Desa Laden, Kecamatan Pamekasan, Madura pada Minggu (12/02/2023). 

Hal ini dipicu karena Ustadz Hanan Attaki pernah melakukan kekeliruan pada ceramahnya seperti perendahan kepada Nabi Saw, Nabi Musa dan Istri Nabi Muhammad Saw, walaupun hal itu telah diklarifikasi oleh Ustadz Hanan Attaki dengan permintaan maaf karena kesilapannya tersebut.

Sebagian  mendukung adanya pembubaran tersebut dan sebagiannya lagi menolak dengan tindakan yang dilakukan oleh pihak Anshor.

Beberapa komentar kaum muslimin yang kontra dengan GP anshor merasa heran dengan tindakan pembubaran tersebut, pasalnya mereka menganggap bahwa GP Anshor sangat khusyuk ketika menjaga perayaaan hari raya besar umat agama lain dari adanya ancaman dan teror sedangkan pengajian sesama aswaja malah dibubarkan.

Dalam hal ini, Sebenarnya mana yang didahulukan antara ukhuwah islamiyah dengan ukhuwah wathaniyah?

$ads={1}

Diantara inti pokok dari ukhuwah (persaudaraan) itu adalah cinta. Maka konsep ukhuwah ini mesti dibangun atas dasar cinta bukan dengan nafsu apalagi "kepentingan" tertentu. Dalam islam persaudaraan itu mesti dibangun dengan cara yang baik, apalagi kita hidup di masyarakat heterogen. Jadi sikap saling menghargai mesti dijunjung tinggi apapun itu agamanya terlebih lagi sesama muslim.

Allah Swt telah menjelaskan bahwasannya Ukhuwah Islamiyah itu lebih utama dibandingkan ukhuwah lainnya. Karena ukhuwah islamiyah dibangun atas dasar "keimanan" yang sama. Bahkan Allah Swt sendiri katakan jangan pernah bermusuhan kepada sesama muslim dan teruslah berpegang teguh pada tali agama Allah. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 10:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Baca juga: Ukhuwah Islamiyah Itu Mempersatukan Bukan Memecah Belah

Al-Qur’an menganggap permusuhan dan saling membenci itu sebagai siksaan yang dijatuhkan Allah atas orang-orang yang kufur terhadap risalahNya dan menyimpang dari ayat-ayatNya.

Walaupun berbeda pemahaman, manhaj dan kultur saat berdakwah, maka sangat penting untuk mengkokohkan tali ukhuwah islamiyah dengan "baik" dengan saling bertoleransi. Karena tali ukhuwah islamiyah diatas dari tali ukhuwah lainnya. Jika ukhuwah islamiyah dibangun dengan baik maka insya allah tidak terjadi perpecahan dikalangan umat islam yang begitu signifikan, sebab kedamaian akan terus terjaga begitupun ikatan ukhuwah islamiyah.

Demikian Artikel " Mana yang mesti didahulukan, Ukhuwah Islamiyah atau Ukhuwah Wathaniyah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close