Biografi Syekh Abul Hasan Ibnul Qathi’i

BIOGRAFI SYEKH ABUL HASAN IBNUL QATHI'I

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Syaikh Abul Hasan Ibnul Qathi’i; Sebuah Pelajaran Mengenai Pentingnya Mendawamkan Belajar Walau Telah Mencapai Kedudukan Tinggi Di Dalam Ilmu

Beliau adalah Syaikhul ‘Alim (gurunya ahli ilmu); Al-Muhaddits (ahli hadits); Al-Mufid (orang yang banyak menebar faidah); Al-Mu’arrikh (ahli sejarah); Al-Mu’ammar (orang yang berumur panjang); Musnid ‘Iraq; syaikh-nya Darul Hadits Al-Mustanshiriyyah ketika awal-awal didirikan; Abul Hasan Muhammad bin Ahmad bin ‘Umar bin Husain Al-Baghdadi Ibnul Qathi’i.

Beliau dilahirkan pada bulan Rajab, tahun 546 H.

Orang tua beliau, yakni Al-Faqih Abul ‘Abbas Al-Qathi’i memperdengarkan beliau kepada Abu Bakr bin Az-Zaghuni, kemudian Nashr bin Nashr Al-‘Ukbari, Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad Al-‘Abbasi, Abul Waqt As-Sijzi; dari Abul Waqt inilah Syaikh Abul Hasan meriwayatkan kitab Shahih, lalu Abul Hasan bin Al-Khall Al-Faqih, Salman Asy-Syahham, dan lain-lain.

$ads={1}

Beliau melanjutkan pencarian ilmunya sendiri dengan rihlah ke berbagai negeri. Di Maushul (Mosul) beliau mendengar dari Yahya bin Sa’dun Al-Qurthubi, lalu dari khathib wilayah tersebut yaitu Abul Fadhl Ath-Thusi; di Damaskus beliau mendengar dari ‘Abdullah bin ‘Abdul Wahid Al-Kinani, Abul Ma’ali bin Shabir, dan Muhammad bin Hamzah Al-Qurasyi. Beliau bermulazamah kepada Abul Faraj Ibnul Jauzi, banyak membaca kepadanya, serta mengambil pelajaran darinya. Syaikh Abul Hasan menyusun Dzail At-Tarikh tentang Baghdad namun tidak selesai. Beliau sempat mengabdi di beberapa lembaga otoritas, juga menggantikan para murid Muhyiddin Ibnul Jauzi di dewan Hisbah. Beliau lemah dalam hadits hingga beliau terkesan membiarkan kelemahannya tersebut, beliau dikaruniai umur yang panjang hingga sanadnya menjadi ‘ali, namanya terkenal dan banyak disebut, hingga beliau diangkat sebagai masyakhah (guru besar) Al-Mustanshiriyyah. Beliau biasa mewarnai (rambutnya) dengan warna hitam kemudian beliau meninggalkan kebiasaannya itu. Adalah beliau, orang yang terakhir meriwayatkan kitab Shahih secara kamil (utuh) dari Abul Waqt di negerinya dengan beberapa bagian yang beliau menyendiri dalam periwayatannya.

Baca juga: Mengenal Al Habib Abdullah bin Abdurrahman Al-Muhdhor

Ibnu Nuqthah berkata :

هو شيخ صالح السماع، صنف لبغداد تاريخا إلا أنه ما أظهره

“Beliau seorang syaikh yang baik sama’-nya, beliau menulis sebuah kitab Tarikh tentang Baghdad hanya saja beliau tidak menunjukkan kitabnya tersebut.”

Adz-Dzahabi berkata :

وكان له أصول يروي منها، وكان يتعاسر في الرواية

“Beliau memiliki tulisan mengenai ilmu ushul yang biasa beliau riwayatkan (kepada murid-muridnya), dan konon beliau mengalami kesulitan dalam riwayat.”

Para murid yang meriwayatkan darinya adalah Ibnu Ad-Dubaitsi, Ibnu An-Najjar, Saifuddin Ibnul Majd, Jamaluddin Asy-Syarisyi, ‘Izzuddin Al-Farutsi, ‘Alauddin Ibnu Balban, Ahmad bin Muhammad bin Al-Kassar, Sa’id bin Ahmad Ath-Thibi Al-Faqih, dan lain-lain, kemudian dengan ijazah yakni Qadhi Al-Khuwabi Al-Hanbali, Fakhruddin Ibnu ‘Asakir dan sepupunya; Baha’uddin Ibnu ‘Asakir, lalu Sa’duddin Ibnu Sa’d, ‘Isa Al-Mutha’im, Ahmad bin Abu Thalib, dan Abu Nashr Ibnu Asy-Syirazi.

Ibnu An-Najjar menceritakan mengenai Syaikh Abul Hasan :

جمع تاريخا ولم يكن محققا فيما ينقله ويقوله، عفا الله عنه. وتفرد بالرواية عن جماعة، أذهب عمره في التاريخ الذي عمله، طالعته فرأيت فيه كثيرا من الغلط والتصحيف، فأوقفته على وجه الصواب فيه فلم يفهم، وقد نقلت عنه، منه أشياء لا يطمئن قلبي إليها، والعهدة عليه. وسمعت عبد العزيز بن دلف يقول: سمعت الوزير أبا المظفر بن يونس يقول لأبي الحسن ابن القطيعي: ويلك عمرك تقرأ الحديث ولا تحسن تقرأ حديثا واحدا صحيحا

“Beliau menyusun kitab Tarikh namun beliau bukan seorang muhaqqiq (orang yang mampu melakukan tahqiq terhadap validitas riwayat dan teks) pada apa yang beliau nukil dan sebutkan, semoga Allah Ta’ala memaafkan beliau. Beliau menyendiri dalam beberapa periwayatan dari jama’ah. Beliau habiskan umurnya untuk kitab Tarikh yang memang beliau tekuni, aku pernah menelaah kitab tersebut lantas aku melihat ternyata di dalamnya terdapat kekeliruan yang banyak, juga tashhif (kesalahan dalam membaca kata/kalimat), maka aku pun memintanya menjelaskan mana yang benar namun ia tak paham. Dan sungguh aku telah menukil dari beliau, diantaranya adalah beberapa riwayat yang membuat hatiku tak tenang, dan tanggung jawab ada pada beliau. Aku juga pernah mendengar ‘Abdul ‘Aziz bin Dulaf mengatakan, “Aku pernah mendengar Al-Wazir Abul Muzhaffar bin Yunus berkata kepada Abul Hasan Ibnul Qathi’i, “Celakalah umurmu! Kamu membaca hadits tetapi kamu tak berupaya memperbaiki apa yang kamu baca walau hanya satu hadits sahih!”

Baca juga: Biografi Syekh Muhammad Zahid Al-Kautsari Al-Hanafi

Ibnu An-Najjar kembali berkata :

وكان لحنة، قليل المعرفة بأسماء الرجال، أسن وعزل عن الشهادة، وألزم منزله

“Beliau acapkali lahn, sedikit pengetahuannya terhadap nama-nama para perawi. Ketika tua, beliau mengasingkan diri dari penglihatan manusia dan lebih banyak berdiam di tempat tinggalnya.”

Beliau wafat pada hari keempat atau kelima bulan Rabi’ul Akhir, tahun 634 H.

Sumber : Siyar A’lam An-Nubala’ 23/8-10, Mu'assasah Ar-Risalah.

===

Faidah-faidah :

1. Seorang ahli ilmu, walau ia memiliki banyak riwayat, namun belum tentu dirinya adalah orang yang teliti dan mampu memverifikasi serta paham terhadap apa yang ia riwayatkan.

2. Ahli riwayat, belum tentu mengenal nama-nama para perawi dalam sanad-sanad hadits. Oleh karena itu kerapkali didapati riwayat-riwayatnya banyak bercampur dengan kedustaan yang berasal dari para rawi pendusta, padahal ia sendiri bukan seorang pendusta.

3. Sering lahn terkadang dapat menurunkan kredibilitas seorang ahli ilmu.

4. Betapapun tingginya kedudukan seseorang di dalam ilmu maupun di mata masyarakat, tetap wajib baginya untuk selalu belajar, utamanya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ia memang lemah di bidang tersebut. Lebih bagus apabila ia bisa mengkoreksi apa yang pernah ia tulis serta riwayatkan agar lepas beban tanggung jawab darinya.

5. Umur seyogyanya bukan merupakan halangan untuk tetap menuntut ilmu dan belajar.

6. Demi amanat ilmiah, seorang murid harus berkata apa adanya apabila menceritakan mengenai gurunya termasuk kelemahan-kelemahan gurunya tersebut dengan catatan, ia tidak merendahkannya serta tetap menaruh hormat kepadanya.

7. Kadang seorang ulama tidak menunjukkan karya tulisnya kepada khalayak umum, namun ia hanya tunjukkan kepada murid-murid terdekatnya saja.

8. Pentingnya menunjukkan karya tulis kepada orang yang dipercayai memiliki ilmu untuk menelaahnya agar bisa untuk dikoreksi apabila terdapat kekeliruan atau diberikan tambahan faidah yang memang diperlukan. Hal ini telah ma’ruf dilakukan oleh para ulama seperti Asy-Syafi’i yang mengirimkan Ar-Risalah kepada ‘Abdurrahman bin Mahdi, lalu Muslim bin Al-Hajjaj yang menunjukkan catatan hadits sahihnya kepada Abu Zur’ah, dan lain-lain. Dan dalam kisah diatas, Ibnu An-Najjar yang menelaah karya tulis gurunya ternyata menemukan kesalahan yang banyak.

Semoga Allah Ta'ala merahmati Abul Hasan Ibnul Qathi’i serta mengampuni kekeliruannya. Aamiin.

Wallahu a’lam.

Oleh: Tommi Marsetio

Demikian Artikel " Biografi Syekh Abul Hasan Ibnul Qathi’i "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close