200+ Kata-Kata Mutiara Habib Husein Ja'far Al Hadar

200+ KATA-KATA MUTIARA HABIB HUSEIN JA'FAR AL HADAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Habib Husein Ja'far Al Hadar atau yang kerap disapa dengan panggilan Habib Ja'far merupakan salah satu tokoh habib yang bermanhaj ahlusunnah wal jama'ah. Beliau merupakan salah satu Habib Industri yang saat ini digemari oleh banyak kalangan dari umat muslim hingga non muslim. Kalam-kalam dan dakwah yang dibawakan penuh dengan kesejukan dan tawa sehingga banyak orang yang menyukainya. Beliau juga merupakan salah satu murid dari Al Habib Jindan bin Novel bin salim bin jindan.

Walaupun beliau dikenal dengan kesejukannya dalam berdakwah, namun beliau tetap memiliki sikap tegas dalam bersyari'at dan menyampaikan yang sebenar-benarnya. Seperti orang kafir masuk neraka, tidak bolehnya pacaran, bersentuhan tangan, haram meminum-minuman keras dan lain sebagainya, tentunya dengan bahasa yang penuh hikmah dan tidak menyinggung hati non muslim yang mendengarnya. 

Habib Ja'far selalu menyuarakan dan menerapkan arti Toleransi islam sesungguhnya di dalam masyarakat heterogen.

Banyak kalam-kalam hikmah yang disampaikan disetiap ceramah ataupun diskusinya. Berikut kami kumpulkan 100+ Kata-Kata Mutiara Habib Husein Ja'far Al Hadar atau Quote Habib Husein Ja'far Al Hadar:

$ads={1}

1. "Tugas kita di tengah keragaman dan perbedaan, kita membangun semangat kerukunan. Karena kita yang berbeda kalau tercerai berai itu jadi sampah, tapi kalau bersama-sama, kita jadi alat pembersih sampah, seperti sapu lidi."

2. "Tuhan bisa saja memaksamu taat, sebagaimana Dia memaksa kita makan dengan rasa lapar. Tapi kenapa Dia tak lakukan itu dalam hal iman dan takwa? Karena Dia (Allah) ingin iman dan takwa yang tulus."

3. "Bahkan lebih baik hati yang merendah karena malu akan maksiat daripada hati yang meninggi karena sombong akan ibadah."

4. "Kebencian itu hanya diperbolehkan kepada sesuatu yang buruk, bukan kepada seorang yang buruk." 

5.  "Hidup itu memang ada kalanya susah dan adakalanya senang, nikmati saja prosesnya dan pungut hikmahnya."

6. "Kalau kau berpuasa dan hendak marah, maka katakan pada dirimu bahwa sesungguhnya kamu sedang berpuasa, agar reda amarahmu. Maka aneh kalau puasa jadi alasan marah-marah. karena itulah yang membedakan laparnya orang berpuasa dan lapar karena telat makan."

7. "Gak apa tertatih-tatih ibadahnya. Yang penting niat untuk terus belajar dan lebih baik. Sedikit demi sedikit yang penting istiqomah (konsisten)."

8. "Pegang kuat-kuat komitmen untuk tak pernah mencuri hak orang lain & menyakiti orang lain."

9. "Ibadah termulia adalah memasukkan rasa bahagia pada hati orang lain."

10. "Semua ketakutan akan membuatmu menjauhi apa yang kau takuti, kecuali ketakutanmu pada Allah yang membuatmu justru mendekati-Nya. Karena mau lari kemana, sedangkan semesta dalam genggamannya? Mohonlah ampunan-Nya yang lebih besar berkali-kali lipat dari dosamu sebelum pintu ampunan itu tertutup."

Baca juga: 200+ Kalam Habib Umar bin Hafidz

11. "Yang dibagikan itu harta yang kamu cintai, karena kamu berinfaq. Jangan yang sudah mau dibuang, karena bukan buang sampah. Agar ada cinta dalam berbagi. Sebab inti berbagi adalah cinta, bukan harta. Harta hanya mediumnya saja. Kalau nggak punya, senyum juga boleh kok. yang penting pakai cinta."

12. "Dimana tempat mulia saat masjid ditutup sementara karena corona? Di rumah sakit, di sana tuhan "bersemayam" di hati tenaga medis yang bertaruh nyawa demi orang yang mungkin ia baru kenal."

13. "Kau pastikan setelah mendung akan hujan saja itu dosa. Apalagi kau pastikan keburukan orang lain hanya dari penampilanya."

14. "Kejujuran kalau dilihat sebentar itu rugi, pahit, tapi jika dilihat dalam waktu panjang justru mendapatkan keuntungan."

15. "Musik yang haram itu suara sendok garpumu ketika makan, sedangkan tetanggamu kelaparan."

16. "Bisa jadi doa itu tidak terkabul di waktu yang cepat tapi Allah kabulkan di waktu yang tepat."

17. "Puasa itu simbol produktivitas dan kekuatan, bukan kelemahan. Buktinya beberapa revolusi di dunia ini, misalnya India itu terbebas dari penjajahan (kolonialisme) karena puasa. Tokohnya namanya mahatma gandhi, memilik untuk mogok makan. Dan karena mogok makan itu, penjajahan di India diakhiri. Jadi puasa itu bukan simbol kelemahan."

18. "Pria sederhana makan di restoran. Ada pengemis datang ke mejanya, ia malah belikan makan dan ajak makan bareng. Pas mau bayar di kasir, pemilik restoran menolak uang pria itu dan memberi nota bertuliskan: "Kami tak memiliki mesin penghitung yang mampu menghitung harga kemanusiaan."

19. "Hidup itu sudah tentu naik-turun. Maka nikmati saja prosesnya, pungut hikmahnya. Saat naik, rendah hatilah. Saat turun, tabahlah. Sunguh bersama kesulitan ada kemudahan."

20. "Intoleransi antar umat beragama bisa jadi berasal dari kesalahpahaman memaknai teks-teks agama."

21. "Saat muda mampu ibadah tapi tak mau, saat tua mau ibadah tapi tak mampu."

22. "Pria sederhana makan di restoran. Ada pengemis datang ke mejanya, ia malah belikan makan dan ajak makan bareng. Pas mau bayar di kasir, pemilik restoran menolak uang pria itu dan memberi nota bertuliskan: "Kami tak memiliki mesin penghitung yang mampu menghitung harga kemanusiaan."

23. "Meremehkan adalah tanda dia tidak mampu, dan tidak gentar diremehkan adalah tanda seorang yang mampu. Maka jangan pernah menjadikan pandangan manusia sebagai tolak ukur bagi dirimu, hanya ALLAH lah tolak ukur yang paling mutlak. Kata imam Syafi'i : " sebaik-baiknya jawaban bagi orang yang menghina kamu, yang mencaci kamu, meremehkan kamu, menjatuhkan kamu, memfitnah kamu, adalah diam. Jangan pernah merasa rendah diri di Hadapan manusia, tapi rendah diriliah di mata ALLAH. Karena siapa yang merendahkan dirinya di mata ALLAH, maka dia akan di angkat derajatnya oleh ALLAH, di mata manusia dan di mata ALLAH subhanahu wa ta'ala dan khususnya kelak di akhirat dalam tingkatan yang tidak akan terjangkau oleh manusia-manusia tersebut."

24. "Pembenci memikirkan yang dibenci. Maka hidupnya suram. Pecinta memikirkan yang dicinta. Maka hidupnya selalu cerah."

25. "Saat kita marah, kita dianjurkan untuk melakukan beberapa hal yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wasalam kepada kita, salah satunya adalah berwudhu.

Ketika kita marah, amarah itu datangnya dari syaitan, syaitan itu asalnya dari api dan api bisa padam dengan air.

Kalau kita sudah marah, itu tandanya kita kalah dengan diri kita sendiri. Kalau kita saja kalah dengan diri kita sendiri, lalu bagaimana kita bisa mengalahkan orang lain."

26. "Ketika dunia mendorongmu sampai berlutut untuk menyerah, sebenarnya itu waktu yang tepat untuk berdoa."

27. "Tugas kita di tengah keragaman dan perbedaan, kita membangun semangat kerukunan. Karena kita yang berbeda kalau tercerai berai itu jadi sampah, tapi kalau bersama-sama, kita jadi alat pembersih sampah, seperti sapu lidi."

28. "Memikirkan tuhan begitu sulit, Bahkan saat sujud kita masih kerap memikirkan kesuksesan."

29. "Sholat itu bukan hanya dijalankan, tapi ditegakkan. Menegakkannya dengan khusyuk. Dan belajar khusyuk dengan pelan (Thuma'ninah) saat shalat."


30. "Dalam hal iman tidak semua harus dilogikakan. Ada batas-batas yang tidak bisa ditembus oleh logika dan disitulah peran hati."

31. "Jika seseorang itu bukan saudaramu dalam agama, maka dia saudaramu dalam kemanusiaan."

32. "Tuhan tak di Kabah, tak pula di Vatikan, atau di Tembok Ratapan. Tuhan di hatimu."

33. "Islam adalah berita gembira, bukan ketakutan. Maka, dakwahkan ia dengan kegembiraan pula, bukan teror."

34. "Kalau dakwah ke orang tua kan banyak di masjid-masjid, yang dakwah ke anak muda kan masih sedikit.. Yang krisis itu tokoh yang mau ngajak anak muda ke kebaikan dan bukan di masjid, tapi melalui media sosial, kafe-kafe, tongkrongan, dll."

35. "Akhlak yang paling utama justru harus kita tunjukin sama orang yang ga baik sama kita"

36. "Jihad yang sesungguhnya adalah memberikan manfaat untuk sesama, mendamaikan yang bertengkar, memberikan rasa aman bagi orang yang terancam, mencintai satu sama lain. Itulah wajah islam yang sesungguhnya."

37. "Kebencian itu hanya diperbolehkan kepada sesuatu yang buruk, bukan kepada seseorang yang buruk."

38. "Gelar Habib dijaga dan dipertahankan bukan untuk sombong atau sebagai privillage semata. melainkan sebagai tanggung jawab agar dapat menjadi yang terdepan dalam meneladani Nabi Muhammad Saw."

39. "Tak ada kegelapan, yang ada hanya kamu menutup mata. Segelap apapun kamu saat ini, cahaya tidak pernah tiada. Maka... Cari, hampiri, dan hiduplah dalam cahaya-Nya."

40. "Saya lebih senang dianggap dan merasa 'tersesat'.. karena dengan begitu kita akan terus belajar. Jadi, kita terus memperbaiki diri dan gak ngerasa sok suci."

41. "Ibadah bukan tiket barter untuk surga-Nya. Melainkan seni merayu Allah, sehingga Dia menghujani kita dengan rahmat-Nya."

42. "Manusia itu hanya akan terjebak pada dua lubang ; Kebodohan dan egosime. Bisa jadi dia pintar, tapi hatinya egois yang mendorong dia untuk korupsi. Bisa jadi hatinya baik, tapi kebodohan yang membuat dia terjebak dalam korupsi."

43. "Manusia itu cenderungnya kalau kenyang lupa tuhan, tetapi kalau lapar dia ingat tuhan."

44. "Seringkali kita mengkambing hitamkan orang lain atau sesuatu di luar diri kita. Padahal yang bermasalah adalah diri kita sendiri. Begitupula kadang kita mencari solusi di luar diri. Padahal solusi itu sebenarnya ada dalam diri."

45. "Jodoh yang baik berada di tempat yang baik dan di dapatkan dengan cara yang baik. Cara yang baik adalah cara yang tidak ada unsur maksiat di dalamnya."

46. "Bergembira atas lahirnya Nabi Muhammad sebagai rahmat terbesar itu adalah perintah Al-Qur'an."

47. "Agama bisa menjadi Obat depresi apabila diajarkan dengan penuh kegembiraan dan penuh makna."

48. "Bagi santri, bukan hanya harga dirinya yang harus dijaga, tapi juga harga diri keluarganya, pesantrennya, suku, bangsa dan agamanya."

49. "Fir'aun nyuruh anak buahnya bikin tangga/piramid menembus awan hanya untuk mencari tuhan-Nya Musa. Padahal, kata rumi, tuhan itu ada di hati setiap orang."

50. "Hari ini Maulid Nabi. Pokok apapun yang terjadi, gimana perasaan kita harus tetap dijaga agar tak ada suatu kesedihan yang boleh menggeser kegembiraan kita hari ini karena hari lahir Nabi Muhammad. Karena dengan gembira akan Maulid Nabi, semua urusan kita akan Allah bereskan dengan berkah nabi."

51. "Pendapat kita benar, tapi bisa jadi mengandung kesalahan. Sedangkan pendapat orang lain salah, tapi bisa jadi mengandung kebenaran."

52. "Allahuakbar bukan hanya berarti Allah Maha Besar, tapi juga bermakna kita maha kecil."

53. "Jangan menikahi seseorang yang memang tidak menjadikan anda itu berharga dimata mereka."

54. "kebaikan kita lupakan, aib kita ingat ingat. aib orang lupakan, kebaikan orang ingat-ingat."

55. "ibadah paling mulia adalah memasukan kebahagiaan ke hati orang lain."

56. " Berlombalah dalam kebaikan, bukan dalam kebenaran. Kebenaran biarkan menjadi keyakinan gua sendiri, benar itu tidak untuk dibenarkan. Gua

57. "Kebenaran itu seperti pakaian dalam, dia penting dipakai tetapi orang lain ga perlu ngeliat."

58. "Setiap orang mempunyai kebenarannya masing-masing, Saya tidak bisa memaksa kamu untuk meyakini kebenaran yang saya yakini, begitupun sebaliknya, tapi kita bisa sama-sama dalam hal kebaikan."

59. "Bersujud itu berbisik ke bumi tapi di dengar oleh langit"

60. "Menikah itu satu hari. Jalaninya seumur hidup. Seringkali orang-orang sibuk mempersiapkan bekal yang satu hari, sehingga lupa dengan yang seumur hidup."

61. "Senakal-nakalnya kamu harus ingat Sholat , batrai habis di cas jadi selalu ada power dan ingat Allah, inti dari keislaman itu sendiri sholat , karena dalam sholat semua rukun islam ada di \situ , ada bacaan syahadat, ada zakat (kita meeluangkan waktu, ada puasa (kita tidak makan dan minum ketika sholat) dan ada haji karna kita menghadap kiblat."

62. "Kenapa tuhan menciptakan sesuatu yang diluar akal manusia? Karena agar manusia menyembah tuhannya bukan akalnya."

63. "Akhlak yang paling utama adalah justru kepada orang yang paling tidak berakhlak kepada kita."

64. "Bersedekahlah tanpa meninggalkan jejak sedikitpun, seperti ketika orang buang air besar atau kecil."

65. "Terkait kebaikan kita lupakan, terkait Aib kita ingat-ingat dan Terkait Aib orang lain lupakan, terkait kebaikan orang lain ingat-ingat."

66. "Agama itu mengajarkan cinta, meskipun cinta tidak memiliki agama.”

67. "Jodoh itu misteri, kematian itu pasti, jangan terlalu sibuk memikirkan pujaan hati sampai lupa mempersiapkan diri untuk mati."

68. "Bila ramadhan tak sanggup mengubahmu, maka tangisilah dirimu. karena barangkali,pekatnya dosa telah menutupi mata hatimu."

69. "Kalau diperintah atau dilarang atas sesuatu yang tak ada alasan rasionalnya, maka di sanalah ketaatan kita diuji oleh Allah" konsep ta'abbudi jauh lebih susah dilaksanakan dibandingkan konsep ta'aqquli, karena sejatinya dalil naqli ada diatas dalil aqli."

70. "Membandingkan sesuatu yang buruk, dengan yang lebih buruk, Tidak akan bisa membuatnya menjadi lebih baik."

71. "Yang hidup aja di adzani subuh tidak bangun. Jangankan yang mati."

72. "surga itu mahal.orang kaya belum tentu mampu memilikinya, karna harga nya bukan pada harta tetapi pada takwa."

73. "Di islam tidak ada hukum karma yang ada itu hukum karena, karena kita berbuat baik, karena kita berbuat buruk."

74. "Muslim belum tentu Islam. Karena bisa jadi umat Islam tidak merepresentasikan nilai-nilai Islam itu sendiri."

75. "Nikah di waktu yang tepat bukan di waktu yang cepat."

76. "Dalam ilmu sains Kegelapan itu tidak ada yang ada karena kekurangan Cahaya, dalam ilmu Allah tidak ada yang namanya kekurangan nikmat yang ada hanyalah kurang Bersyukur."

77. "kurangnya pendidikan di Indonesia itu adalah mengajarkan kompetitif bukannya kolaboratif, padahal tuhan menciptakan manusia untuk berkolaborasi, karna itu katakan "setiap kamu adalah ciptaan tuhan yang unik". dan setiap orang itu memiliki keunikannya sendiri. kata el rumi "kamu itu bukan tetesan di tengah samudra melainkan samudra di dalam bentuk tetesan."Setiap kamu itu penting dan punya sesuatu yang harus diselesaikan dan jika kamu tidak melakukan itu dunia tidak manjadi sempurna."

78. "Kebaikan itu luar biasa, tapi akan menjadi biasa jika di biasakan. Jadikan kebaikan menjadi habit"

79. "nasihat itu pahit bagi orang yang mencintai hawanafsu, tapi bagi yang hatinya di penuhi cahaya. Iya akan berterimakasih apa bila diberi nasihat."

80. "Lu masuk surga bukan karena amal lu, bukan utamanya amal lu, tapi lu masuk surga karena Rahmat nya tuhan. Amal lu gabisa bayar surga ..."

81. "Jika ada orang muslim yang justru mencerai beraikan sesama muslim atas nama perbedaan pandangan, ia berarti telah mengkhianati Nabi. Karena Nabi mempersatukan, tapi ia mencerai beraikan " dan sama yang ini " Ibadah yang langsung kepada Allah adalah memasukkan rasa bahagia ke hati orang lain."

82. "Jangan pernah melawan omongan ibu, dimana kamu belajar berkata-kata dari dia."

83. "Sejatinya menghadap ke mana pun, kita melihat kebesaran Allah yang membuat kita menyebut nama-Nya. Bukan hanya di Ka'bah, tapi juga di gubuk-gubuk orang miskin, di rumah-rumah yatim, bahkan di lembaga pemasyarakatan."

84. "Jihad itu gak jahat dan yang jahat bukanlah jihad."

85. "karena kata Nabi didalam sahur ada keberkahan, dan kata Nabi orang yang kuat bukan yang bergulat doang, tapi mampu menahan amarahnya makannya sahur biar kuat puasanya dan gak marah-marah."

86. "Cintailah orang yang kau cintai itu secukupnya krn suatu hari dia bisa menjadi musuhmu dan bencilah secukupnya sebatas kita berwaspada kepada seseorang yang mungkin akan mencelakan kita."

87. "Kekurangan itu ada pada mata kita, tidak pada mata Tuhan. Hal itu terjadi karena segala keterbatasan pada mata kita."

88. "Nabi Saw bersabda "beruntung lah orang yang tidak pernah melihat aku ( nabi Muhammad) tapi mencintaiku, karena kalau cinta syarat nya mata lalu bagaimana kita mencintai tuhan yang tidak terlihat oleh mata"

89. "Lakum dinukum waliyadin, bagiku agamaku bagimu agamamu, dan kau adalah saudaraku, kita berbeda dalam kebenaran, tapi kita bersatu dalam kebaikan."

90. "Kalau dalam ayat Qur'an yaitu ketika kamu sudah dalam kondisi yang terpojok dan gak ada lagi bantuan yang bisa kamu terima maka kamu pasti akan berharap semoga sesuatu membantu gue dan itu adalah Tuhan."

91. "Semua yang diharamkan Allah pasti buruk dan semua yang diwajibkan Allah pasti baik, maka tidak ada orang kaya karena judi tapi tidak ada orang yang miskin karena sedekah."

92. "Aku tidak tau bagaimana perasaan ku mati nanti, tetapi setidak nya aku tak ingin menyesali cara hidupku."

93. "Manusia makhluk yang tidak sempurna. Setiap manusia itu pasti melakukan kesalahan, maka berdamailah dengan apa yang ada pada dirimu, pada apa yang kamu lakukan, karena kita tidak bisa lepas dari kekhilafan, kesalahan dan kekurangan itu. Jika Allah saja mengampuni dirimu padahal Dia yang paling berhak menghukum mu, kenapa kamu menghukum dirimu sendiri padahal itu bukan hakmu, dan itu akan membuatmu dalam keadaan yang semakin buruk dan buruk, maka ampuni dirimu sendiri sebelum meminta ampun kepada Allah."

94. "Kebenaran itu seperti pakaian dalam, dia penting dipake tapi ngga perlu ditunjukin ke orang lain, yang ditunjukin itu kebaikan yang didapat dari kebenaran itu."

95. "Begitu mudah disampaikan pada kata-kata, sadarlah bahwa apa-apa yang membuat kita tidak nyaman bagaimana pun bentuk hadirnya adalah untuk kebaikan. Sadarlah bahwa Tuhan kita yang Maha Pengasih dan Penyayang, menetapkan segala sesuatu dengan kasih dan sayang. Sadarlah bahwa Tuhan menjagamu dengan penjagaan yang penuh cinta melebihi penjagaan ibumu, bahkan melebihi kecintaan dirimu kepada diri kamu sendiri."

96. "Banyak yang mengeluh Ramadahan tak lagi sama, Ramadhan tak pernah berubah, kita yang berubah."

97. "Puasa itu ibadah rahasia, rahasia antara aku sama Tuhan"

98. "Jangan gantungkan standar kebahagiaan anda pada sesuatu yang mempunyai limitasi, itu namanya kegembiraan jika masih mempunyai limitasi."

99. "Kain kafan tidak ada sakunya."

100. "cantiknya orang, sekaya kayanya orang, se ningrat ningratnya orang kalau tidak punya akhlak pasti mentok, karena makanan batin kita itu bukan uang bukan jabatan, bukan keningratan tapi kebaikan akhlak yang agung."

101. "Kalaupun tahajjud saja engkau enggan melaksanakannya, artinya keinginan mu tidak seserius yang kamu inginkan."

102. "Ibadah lantaran takut itu levelnya rendah karena ibadah lantaran takut ia akan di jalani sebagai beban,tapi ibadah lantaran cinta itu levelnya tertinggi karena akan di jalani dengan penuh kegembiraan dan kecanduan."

103. "Yang paling susah itu istiqomah, kalo cuman bilang aku hijrah itu gampang, tapi istiqomahnya itu yang malah sering dilupakan."

104. "Jangan pernah berharap pada manusia ..karena manusia itu menyesatkan dan juga bisa ,membohongi mu mengkhianatimu ,menghabisimu ...tapi urusan mu hanya pada tuhan."

105. "Semakin mengaji, semakin kita paham betapa tak terbatasnya medan makna AlQuran dan betapa kerdilnya pikiran kita, sehingga kita terus semakin rendah hati. Bukan justru semakin sok."

106. "Mau senakal apapun yaaa jangan pernah tinggalin shalat."

107. "Tidak semua umat manusia mampu menjalani kehidupan,tapi tuhan punya rencana atas kehidupan yang di jalankan."

108. "Dakwah itu sebisa mungkin masuk ke telinga, lewat di otak, mampir di hati, keluar di lisan dan terlihat di sikap."

109. "Tidurnya orang puasa itu ibadah, tapi jangan sampai tidurnya kelamaan, seakan-akan latihan meninggal."

110. "Orang yang tujuan hidupnya sebatas perut maka dia tidak lebih mulia dari apa yang keluar dari perut."

111. "Orang yang hidup aja gak bangun kalo di azanin Subuh apalagi yang mati."

112. "Hati-hati adalah dua kata “hati” tetapi manusia jarang “hati-hati” sama “hati."

113. "Bukan Allah yang butuh kita. Tapi kita lah yang butuh Allah."

114. "Seandainya kita mati syahid dan dihidupkan kembali kemudian mati syahid lagi serta dihidupkan kembali lalu mati syahid lagi, kita tidak bisa masuk surga sebelum hutang kita dilunasi. Dan diantara hutang kepada allah adalah HUTANG PUASA."

115. "Puasa ngajarin kita untuk mengendalikan perut agar tak jadi manusia "Lapar galak, kenyang bego". Karena siapa yang dikendalikan perutnya, maka harga dirinya seperti apa yang keluar dari dalam perutnya."

116. "Kadang orang ya minta doanya di aminin di media sosial, tapi lupa minta doanya di aminin kepada ibunya sendiri. Kadang orang banyak minta doa kepada habib, kiai, ustad, guru, orang ini & orang itu, tapi dia lupa minta doa kepada ayahnya."

117. "Jangan Bangga Jangan Kau Sombongkan Ibadah Ritualmu , Karena Puncak Dari Ibadah Itu Adalah Ibadah Sosial Dan Spritual."

118. "Bagi saya pribadi kita semua itu lalai dan selalu lupa, lupa dalam hal apa? ketika kita berdoa kita selalu yakin bahkan sangat yakin bahwasannya Allah SWT itu maha mendengar doa-doa hambanya. Tapi kenapa ketika kita melakukan maksiat, kita selalu lupa bahwa Allah SWT pun maha melihat?"

119. "Neraka salah satu bentuk kasih sayang allah buat kita,karena dibersihkan dan disiapkan terlebih dahulu diri kita untuk sampai berada ditempat terbaiknya."

120. "Orang yang kuat bukan yang mampu bergulat dan mengalahkan orang lain, Tapi dalam sabda yang lain Nabi sampaikan Orang yang kuat adalah yang mampu mengalahkan ego dalam dirinya dan bermanfaat bagi orang lain..."

121. "Bukan pada besar atau kecilnya dosa yang kita perbuat, tapi lihat aturan siapa yang sedang kita langgar. (Aturan Allah SWT)."

122. "yang sejati adalah login ke dalam dirimu sendiri" Untuk terus memperbaiki diri, mencari jati diri, dan mencari cahaya Tuhan dan di luar biarkan melihat dari segi keteladanan."

123. "Kita tidak akan nemu orang paling buruk karena sesungguhnya Orang yang paling buruk adalah diri kita sendiri."

124. "kalo lu membalas keburukan orang lain dengan balasan yang adil/setimpal itu boleh tapi, kalo lu memaafkan itu jauh lebih agung, biasanya kalo di indonesia, lu memaafkan tapi hukum harus tetap berjalan untuk mengedukasi dia agar tidak mengulangi lagi kesalahannya, bukan karena gua benci tapi mengedukasi jadi ketika orang membalas, tergantung balasanya karena dendam atau karena kasih, kalau karena kasih kan kita di didik untuk membenci keburukan dan tidak membenci orang yang buruk, kita mencintai orang yang buruk makanya kita keluarin keburukan dari dia dengan salah satu instrumennya hukum."

125. "Allah SWT dan Nabi tidak ingin kita beribadah karena takut kiamat utamanya, tapi karena cinta Tuhannya dan cinta nabinya. Karna ibadah lantaran takut, itu ibadah yang levelnya rendah, tp ibadah lantaran cinta itu levelnya tertinggi"

126. "Tugas kita bukan untuk mengutuk kegelapan, tetapi untuk menyalakan cahaya."

127. "Tugasmu dari Tuhan itu jadi baik, bukan terlihat baik di mata manusia."

128. "Jika semua ibadah hanya karena ramadhan sesungguhnya ia telah pergi berlalu, tapi jika semua karena Allah, maka takkan ada yang berubah maski ramadhan telah pergi."

129. "agama itu bukan pembatas kita namun agama itu menyatukan kita."

130. "Berceritalah pada Allah, Dia tidak memeluk ragamu, tapi Dia menentramkan yang di dalam dadamu."

131. "Jarak terdekat kita dengan Tuhan secara waktu adalah disepertiga malam, sedangkan jarak terdekat kita dengan Tuhan secara posisi yaitu ketika sujud"

132. "Sudah sepatutnya bismillah tidak hanya jadi bacaan, tetapi jadikan kesadaran bagi kita. Sehingga kita menyadari disetiap aktifitas, ketika kita membaca basmalah saat itu, Tuhan hadir dalam aktifitas kita, maka bersiaplah mendapatkan penjagaan-nya."

133. "kita tidak ingin dihargai dan dihormati karena orang dipaksa untuk menghargai dan menghormati kita, kita ingin relasi kita dengan orang lain saling menghargai dan menghormati dengan kesadaran penuh kedaulatan " Berharga tidak mesti dihargai yang dihargai belum tentu berharga, dan tugas kita adlah menjadi orang berharga karna orang berharga dan terhormat dipandangan allah swt karna sifatnya sejati."

134. "Berapa banyak Seseorang mengaku islam, tapi ia tidak melaksanakan perintah tuhan, sudah tercium bau kemunafikan"

135. "Jika orang kafir selama 100 tahun aja bisa Allah hilangkan dosanya dengan satu kalimat Lailaahaillah, seharusnya kita sebagai muslim lebih sering bertaubat dan bertahlil kepada Allah SWT."

136. "....karna nabi adam makan satu buah saja bisa turun dari surga, maka kita harus merawat lingkungan agar bisa naik lagi ke surga."

137. "Murid itu tidak ta'at Mutlak kepada Guru , ketaatan itu mutlak kepada Tuhan Allah dan Nabi muhammad."

138. "Jihad itu bukan tentang bagaimana lo mati. Tapi bagaimana lo hidup. Orang yang hidup dalam kebaikan dia akan mati dalam keadaan baik." 

139. "Pembelaan atas nama Tuhan sebenarnya hanyalah pembelaan atas ego saja."

140. "Ibadah adalah seni merayu Tuhan."

141. "Cintailah kebenaran walaupun kamu masih belum menjadi bagian dari orang-orang benar, dan bencilah kesalahan walaupun kamu masih menjadi bagian dari orang-orang yang salah."

142. "Melukai dengan lisan lebih buruk daripada melukai menggunakan pedang."

143. "Ukuran Bahagia Manusia itu tidak jauh dari Sabar & Syukur."

144. "Memikirkan Tuhan begitu sulit, bahkan ketika sujud kita kerap mengharapkan kesuksesan."

145. "Tanamkanlah dalam diri kita tentang kebaikan meskipun kehidupan ini tidak seperti yang kita harapkan. Insha allah keberkahan akan selalu menuntun ke jalan yang lurus."

146. "Berkata tidak tahu, itu adalah ilmu setelah Al-Qur'an dan Sunnah"

147. "Cinta gak punya agama, tapi semua agama mengajarkan cinta"

148. "Didalam Al-Qur'an kita diajarkan 3 hal : 1 gak boleh merah 2. Memaafkan 3. Bersedekah"

149. "Bnyak orang setelah ramadhan berfikir hidup kembali normal, namun hidup yang normal ada pada saat ramadhan itu sendiri, "ramadhan bukan bulan menumpuk amal, tetapi bulan membiasakan diri untuk beramal"

150. "Mengganggu kesenangan orang lain tanda orang itu hidupnya tidak senang."

151. "Ibadah karena Sang Pemilik Waktu, bukan karena waktu (termasuk karena kiamat sudah dekat)" 

152. "Hidup terlalu mudah jika kamu hanya memikirkan diri sendiri."

153. "Tersenyumlah, tidak ada yang perlu di sesali, karena tuhan mu ada, rezekimu sudah di tentukan dan umurmu sudah di gariskan,indahkan saja dirimu niscaya engkau akan menyaksikan keindahan itu di sekelilingmu."

154. "Mau apapun keadaan kita, mau miskin, kaya, sakit, bahkan tidak bisa apa-apa masih bisa solat pake hati. Kalau udah tidak bisa solat pake hati baru itu harus di solatin karena udah mati."

155. "Jangan pernah membungkuk pada orang yang ingin pergi , begitu pula dalam sholat jenazah yang tanpa adanya rukuknya"

156. "Kata sabar dan kebenaran sering kali di satukan. Karena dengan lu bersabar melihat realita yang ada di depan mata, lu akan melihat secara utuh. Saat melihat secara utuh ternyata itu semua indah."

157. "Doa itu bukan tidak dikabulkan, tapi usahamu yang belum maksimal."

158. "Banyak orang yang ingin supaya bisa mati dengan baik, tapi tidak menjadikan kehidupan secara baik... Banyak orang yang beribadah bersandar kepada banyak nya pahala, sehingga banyak juga dari mereka yang lupa bahwa pintu Rahmat Allah bukan dilihat dari seberapa banyak nya pahala, tapi seberapa ikhlas nya niat baik mu menjadikan pahala itu untuk mengetuk pintu Rahmat nya Allah SWT."

159. "Hidup yang menurutmu gitu gitu aja,bisa jadi dia adalah cita - cita dalam hidup seseorang,lu yang merasa hidupnya kok segini aja ternyata itu adalah cita - cita orang untuk sampai pada titik dimana yang lu bilang segini aja,karna itu kita di ajarkan untuk melihat kebawah,agar kita mudah bersyukur atas apa yang kita dapatkan hari ini."

160. "setiap orang sudah dipersiapkan jodohnya oleh Allah jadi jika dia tidak mencintaimu ya jgn sipaksakan apalagi jika sampai kamu berdoa ya allah jadikan dia jodoh saya kalau tidak ya Allah atur sekiranya dia jodoh saya ya Allah."

161. "jangan pernah memaksakan apapun sesuai keinginan kita, karena pada dasarnya semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing². Yang perlu kita lakukan sebagai orang yang sadar adalah membantu mereka memaksimalkan kelebihan nya hingga tak tampak kekurangannya."

162. "Sholat sampai mati ga bisa membayar kenikmatan (rejeki) kedipan mata."

163. "Ketenangan seperti apa yang kalian cari jika orang sudah meninggal aja harus didoakan agar tenang."

164. "Jika kita sedekah uang dengan perasaan yang bahagia/senang, maka dia nanti akan kembali dengan mengajak teman2nya."

165. "memang semua yang haram itu enak." (disaat menyinggung orang yang melakuakan perbuatan haram)

166. "Pujian yang tidak tepat sasaran adalah hinaan yang sejati."

Kata-kata mutiara diatas akan kami lanjutkan jika ada mutiara hikmah terbaru lainnya dari Habib Husein Ja'far Al Hadar.

Demikian Artikel " 200+ Kata-Kata Mutiara Habib Husein Ja'far Al Hadar "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close