3 Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan Dan Yasinan

3 KALIMAT PEMBUKA MIMPIN TAHLILAN DAN YASINAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Tahlilan atau Yasinan merupakan amaliyah firqoh Ahlusunnah wal jama'ah, amaliyah ini sudah menjadi tradisi yang menjamur diberbagai wilayah Indonesia, khususnya warga nahdliyin. Tahlilan diambil dari bahasa arab tahlil, yang artinya membaca kalimat laillahaillallah (tidak ada tuhan selain allah). Artinya, dalam tahlilan sendiri fokus utamanya yaitu untuk berdzikir membaca kalimat "la illahaillah", mengagungkan Allah dengan menyebut namanya secara bersama-sama.

Adapun Yasinan diambil dari surat al-Qur'an yaitu Suratul Yasin. Artinya, dalam melaksanakan amaliyah ini kita fokus membaca suratul yasin secara berjama'ah. Kenapa mesti surat yasin? sebab jumhur ulama berpendapat bahwa surat yasin merupakan jantungnya al-Qur'an. Bahkan banyak hadits-hadits yang menganjurkan membaca surat yasin disetiap malam, saat seseorang sedang sakaratul maut dan kondisi lainnya.

Umumnya Tahlilan dan Yasinan digabung menjadi satu. Sebab susunan antara tahlilan dan yasinan hampir serupa. Jika kita melihat diberbagai macam buku cetakan surat yasin, maka susunan bacaan tahlilan dan yasinan sama persis dan tidak ada yang berbeda. Namun letak perbedaannya yaitu pada tujuan waktu mengamalkannya saja.

Baca juga: Arti Lahul, Lahal, Lahumul, Lahamal, Syaiun dan Bisirril Fatihah

Cara Mengamalkan Tahlilan dan Yasinan

Adapun  cara mengamalkan tahlilan dan yasinan ada 2 kondisi yang biasa diamalkan oleh masyarakat muslim di Indonesia, yaitu:

- Dapat diamalkan pada saat acara selametan 3, 7, 40 hari meninggalnya seseorang ataupun acara Haul

- Dapat diamalkan pada saat amalan rutin disetiap malam jum'at seperti yang dilaksanakan oleh warga nahdliyin di mushola dan di masjidnya.

Perbedaan Tahlilan Yasinan Kematian dan Tahlilan Yasinan Malam Jumat

Perbedaan diantara keduanya yaitu:

- Perbedaan muqqadimah antara Tahlilan dan Yasinan kematian dengan amalan malam jum'at

- Jika Tahlilan dan Yasinan kematian umumnya menggunakan tawasul kepada ahli kubur/mayit, namun jika amaliyah di malam jum'at tidak menggunakan tawassul kepada ahli kubur

- Doa tahlilan dan yasinan kematian dikhususkan kepada mayit/ahli kubur. Sedangkan doa tahlilan dan yasinan malam jum'at berisi doa umum untuk keselamatan dunia dan akhirat, serta kebaikan-kebaikan lainnya, layaknya doa setelah shalat.

- Pahala Tahlilan dan Yasinan kematian diniatkan kepada ahli kubur, sedangkan pahala Tahlilan Yasinan Malam Jumat dikhususkan untuk bersama-sama bagi yang membacanya.

Baca juga: Teks Bacaan Tahlilan, Yasinan Lengkap Latin & Terjemahannya

Hukum Membaca Tahlilan dan Yasinan dalam Islam

Hukum membaca Tahlilan dan Yasinan di dalam islam adalah baik. Ulama menyebutkan amaliyah ini dalam kategori bid'ah hasannah (sesuatu perkara baru dalam ibadah yang baik). Alasan baik ini bukan tanpa sebab, karena amaliyah tahlilan dan yasinan berisi amalan-amalan sunnah seperti membaca suratul Qur'an, dzikir, sholawat, doa dan silaturahmi yang dimana semua amalan tersebut dikemas dalam sebuah rangkaian acara yang diberi nama Tahlilan dan Yasinan.

$ads={1}

Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan Dan Yasinan

Setelah mengetahui bagaimana Hukum mengamalkan Tahlilan dan Yasinan, Cara mengamalkan dan mengetahui letak perbedaan dalam mengamalkannya. Kami akan bagikan kepada sobat rumah-muslimin mengenai Kalimat (Muqqadimah) Pembuka Mimpin Tahlilan Dan Yasinan. 

Bagi kamu yang ingin belajar untuk menjadi pemimpin tahlilan dan yasinan saat ziarah ataupun di lingkungan rumah, kamu mesti wajib membaca artikel ini sampai habis agar bisa diamalkan serta dipraktikan secara langsung di lapangan.

Baca juga: Ala Hadiniyah Walikulli Niyyatin Sholihah: Bacaan dan Cara Mengamalkannya

1. Kalimat Pembuka Mimpin Untuk Tahlilan dan Yasinan Kematian

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Bismillahirahmmanirrahiim, 

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَ

Innalhamda lillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruh, wanastahdiihi wana’uudzubillahi min suruuri anfusinaa wamin sayyi’aati a’maalinaa, may yahdihillahu falaa mudillalah wamayyudlil falaa haadiyalah. Ashadu allaa ilaaha illallaah wa’ashadu anna Muhammadan abduhu warasuuluh. 

Allahumma sholli wasallim wabaarik 'alaa Muhammad wa alaa aalihi wasohbihi wamanihtadaa bihudaahu ilaa yawmil qiyaamah.

Faqod qoolaallahu ta’alaa fil quráanil kariim, 

A'udzubillahiminassyaitoonirroojiim, bismillahirahmaanirrahiim.

Kullu nafsin dzaiqotul maut, sodaqalloohul adziim.

Yang sama-sama kita hormati, keluarga besar Almarhum/almarhumah (sebutkan namanya)

Yang sama-sama kita hormati,Para alim ulama, para asatidz, Bapak Ketua RW……(sebutkan namanya), Bapak Ketua RT (sebutkan namanya)

Dan yang saya hormati, hadirin jamaah ta’jiah yang mudah-mudahan kita semua senantiasa selalu dalam cucuran rahmat dan lindungan Allah SWT, aamiin ya rabbal 'alaamiin

Pertama-tama, marilah kita sama-sama panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya pada malam ini kita masih diberikan nikmat sehat wal afiat, nikmat panjang umur, sehingga kita  dapat hadir dan berkumpul dikediaman keluarga besar Almarhum/almarhumah (sebutkan namanya) dalam rangka memanjatkan doa yang kita tujukan untuk almarhum dan almarhumah sohibul bait wabil khusus untuk Almarhum/almarhumah (sebutkan namanya), mudah-mudahan melalui doa yang kita panjatkan menjadi asbab Allah SWT memaafkan kesalahannya, menerima amal ibadahnya dan dijadikan kuburnya Raudhatul min riyadhil jannah.

Tidak lupa juga kita doakan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga senantiasa diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan, dan untuk kita yang hadir pada malam ini semoga musibah kematian ini menjadi pelajaran untuk kita, agar kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan selalu beramal saleh, karena hanya dengan amal salehlah yang dapat menemani kita di alam kubur. 

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Junjungan kita, suri tauladan kita yaitu Baginda Sayyidina wamaulana Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam, begitupun kepada keluarganya, sahabatnya, Tabi'in wal tabi'ut dan kita sebagai umatnya, mudah-mudahan kita yang berada di sini mendapatkan syafa'at dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam di yaumil akhir kelak, aamiin..aamiin ya rabbal 'alaamiin.

Hadirin jamaah ta’jiah yang saya hormati, sebelum dimulai pembacaan suratul Yaasiin dan tahlil. Marilah kita sama-sama buka dengan membaca ummul kitab, dengan harapan semoga kita dan keluarga kita senantiasa oleh Allah SWT diberikan nikmat sehat wal afiat, dipanjangkan umur kita, dimudahkan segala urusan kita dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin…

liridho illahi ta’ala wa syafaatin nabi Sayyidina Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam, al-fatihah... (membaca suratul fatihah)

Hadirin jamaah ta’jiah yang saya hormati marilah mulai pembacaan suratul yaasiin dan tahlil diawali dengan kalimat istighfar kepada Allah SWT.

dilanjutkan dengan tawasul, pembacaan yaasin dan tahlil , doa tahlil dan doa penutup.

Baca juga: Perbedaan Ila Ruhi, Ila Arwahi dan Ila Hadroti Saat Kirim Al Fatihah dan Contohnya

2. Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan dan Yasinan Kematian Versi Panjang (Arab & Latinnya) 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَاكَاتُهُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا, وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُوْرُ

وَالصَّلَاةَ وَالسَّلَامُ عَلَى النَّبِي وَالرَّسُوْلِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَأَتْبَاعِهِ وَنَحْنُ مِنْ أُمَّتِهِ نَرْجُوْا شَفَاعَتَهُ يَوْمَ النُّشُورَ أَمَّا بَعْدُ

فَقَدْ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيمَ أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةَ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

وَقَالَ أَيْضًا فِي آيَةٍ أُخْرَى

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّ لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu 'alaikum Warahmatullahi wabarakatuhu

Alhamdulillah, Alhamdulillahilladzi kholaqolmauta walhayataliyabluwakum Ayyukum Ahsanu 'amalaa, Wa huwal'aziyzulghofur

Washollatuwassalamu 'alannabiy wa Rasul, Sayyidina wamaulana Muhammaddin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa atba'ihi wa nahnumin ummatihi narjusyafa'atahu yaumannusyur.

Ammaa ba'du

Faqodqolallahu ta'alaa fil quraanil kariim

A'udzubillahiminassyaitoonirroojiim,

Kullu nafsin dzaiqotul maut, wainnamaa tuwaffauna Ujurokum yaumal qiyaamah famanzuhziha'aninnar wa udhilaljannahta faqod faaz wamaalhayaatadunya illamataa'ulgoror wa qolaaydon fii aayyaatiiukhro, 

Alladzina idzaasoobathummasibah qoluu innalillahi wa inna illaihi roji'un

Setelah itu membaca kalimat lanjutannya seperti pada kalimat pembuka nomor satu.

3. Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan dan Yasinan Malam Jum'at

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu, Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillahirobbil 'aalamin, washolaa tuassalaamu'alaa asrofil anbiyaai wal mursaliin, wa 'alaa aalihi waashaabihi ajmain, Asyhadu allaa ilaaha illallooh wahdahu laa syari kalah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu warosuluh. Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhaamd. Amma ba'du:

Setelah itu membaca kalimat lanjutannya seperti pada kalimat pembuka nomor satu, hanya saja diganti beberapa perbedaannya seperti:

1. Acara tahlilan kematian diganti menjadi amaliyah tahlilan dan yasinan malam jum'at

2. Pahalanya diniatkan untuk kita-kita yang hadir dan keluarga yang telah mendahului kita.

3. Doa yang dipanjatkan bukan doa tahlilan pada umumnya, melainkan doa untuk keselamatan dunia dan akhirat layaknya doa setelah shalat fardhu.

Ditulis oleh: rumah-muslimin

Demikian Artikel " 3 Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan Dan Yasinan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close