Shalat di Kendaraan Atau Kereta Apakah Mesti di Qadha Kembali?

SHALAT DI KENDARAAN ATAU KERETA APAKAH MESTI DI QADHA KEMBALI?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Bagi yang rutin naik kereta tentu tahu bahwa akhir-akhir ini pihak KAI menyediakan ruangan sebagai mushollla di gerbong restorasi, tempatnya nyaman dan menghadap kiblat.

Pertanyaannya cukupkah sholat yang dilakukan di musholla ini untuk menggugurkan kewajiban i'adah (mengulang) sholat menurut Madzhab Syafi'i?

$ads={1}

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut lebih dahulu kita ketahui garis besar pendapat Madzhab Syafi'i perihal sholat di atas kendaraan:

1. Sholat Sunnah sah hukumnya dilakukan di atas kendaraan baik dalam keadaan jalan ataupun berhenti.

2. Sholat Fardhu yang dilakukan di atas kendaraan apapun dapat menggugurkan kewajiban i'adah (pengulangan) dengan syarat :

A. Dilakukan dengan sempurna syarat dan rukun (kiblat, berdiri, rukuk dan sujud)

B. Kondisi kendaraan berhenti tidak bergerak.

Jika tidak memenuhi kriteria di atas maka sholatnya hanya dianggap lihurmati waqti dan wajib mengulangi saat sampai tujuan.

Maka dapat disimpulkan bahwa sholat di musholla di atas gerbong meskipun dengan sikap sempurna tetap wajib diulang jika dilakukan saat kereta berjalan.

Baca juga: Hukum Shalat Qadha Berjamaah Karena Kesiangan

Lalu ada pertanyaan lain, "sebagaimana kita tahu bahwa sholat lihurmatil waqti yang dilakukan di waktunya sholat diwajibkan bagi musafir semampunya meskipun tidak menggugurkan kewajiban pengulangan, lantas bagaimana jika kita menemukan kesukaran untuk mendirikannya, seperti baju kotor, akses susah ke gerbong restorasi dll ?"

Maka bisa kita pakai pendapat mu'tamad madzhab Hanafi dan salah satu pendapat (qoul) Imam Syafi'i yang disebutkan Imam Haramain dan Imam Ghazali, dalam pendapat ini membolehkan seorang yang tidak mampu memenuhi syarat dan rukun sholat fardhu untuk tidak perlu mendirikan sholat hurmatul waqti namun cukup nanti mengqadha' saat sudah mampu.

Artinya selama di kendaraan tidak perlu sholat cukup mengqadha' semua sholat yang ditinggal saat sudah sampai.

Referensi:

- المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية (ص: 117)

أَمَا الْفَرْضُ وَلَوْ جَنَازَةً وَمَنْذُوْرَةً فَلَا يُصَلِّي عَلَى دَابَّةٍ سَائِرَةٍ مُطْلَقًا لِأَنَّ الْإِسْتِقْرَارَ فِيْهِ شَرْطٌ إِحْتِيَاطًا لَهُ، نَعَمْ إِنْ خَافَ مِنَ النُّزُوْلِ عَلَى نَفْسِهِ أَوْ مَالِهِ وَإِنْ قَلَّ أَوْ فَوْتَ رُفْقَتِهِ إِذَا اسْتَوْحَشَ بِهِ كَانَ لَهُ أَنْ يُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَيْهَا وَهِيَ سَائِرَةٌ إِلَى مَقْصِدِهِ وَيُوْمِئُ وَيُعِيْدُ وَيَجُوْزُ فِعْلُهُ عَلَى السَّائِرَةِ وَالْوَاقِفَةِ إِنْ كَانَ لَهَا مَنْ يَلْزَمُ لِجَامَهَا بِحَيْثُ لَا تَتَحَوَّلُ عَنِ الْقِبْلَةِ إِنْ أَتَمَّ الْأَرْكَانَ.

- حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب (1/ 319)

(ولو صلى) شخص (فرضا) عينيا أو غيره (على دابة واقفة وتوجه) القبلة (وأتمه) أي الفرض فهو أعم من قوله وأتم ركوعه وسجوده (جاز) ، وإن لم تكن معقولة لاستقراره في نفسه (وإلا) بأن تكون سائرة أو لم يتوجه أو لم يتم الفرض (فلا) يجوز لرواية الشيخين السابقة ولأن سير الدابة منسوب إليه بدليل جواز الطواف عليها فلم يكن مستقرا في نفسه 

- الغرر البهية شرح البهجة الوردية لشيخ الإسلام زكريا الأنصاري– (ج 2 / ص 328)

وَنَقَلَ إمَامُ الْحَرَمَيْنِ وَالْغَزَالِيُّ أَنَّ لِلشَّافِعِيِّ قَوْلًا أَنَّ كُلَّ صَلَاةٍ تَفْتَقِرُ إلَى الْقَضَاءِ لَا يَجِبُ فِعْلُهَا فِي الْوَقْتِ وَبِهِ قَالَ أَبُو حَنِيفَةَ

Oleh: Ustadz Muhammad Salim Kholili

Demikian Artikel " Shalat di Kendaraan Atau Kereta Apakah Mesti di Qadha? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close