Herri Pras; Konten Kreator Wahabi Yang Suka Menyesatkan

HERRI PRAS; KONTEN KREATOR WAHABI YANG MENYESATKAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Wahabi merupakan sebutan pengikut ajaran Muhammad bin abdul wahhab. Di Indonesia sendiri ajaran wahabi cukup eksis, khususnya di dunia maya. Ceramahnya yang dikenal rasional dan ilmiah membuat orang awam tertarik dengan ajarannya. 

Semua dalil dan ajarannya tidak lepas dari pemahaman tekstualnya terhadap Al-Qur'an dan Al-Hadits sehingga menyebabkan ilmu yang dimilikinya tidak bersanad dan keliru dalam memahami dalil seperti yang dipahami para ulama salaf.

Selain itu, tak heran diantara mereka yang mengikuti ajaran ini akan merasa paling Haq (benar) serta menjadi ahli fatwa dan ulama dadakan, bahkan sebagian dari mereka menjadi Mujtahid.

Ada salah satu konten kreator Wahabi yang akhir-akhir ini menyerang amaliyah ahlusunnah wal jama'ah yakni Herri Pras. Setelah kami telusuri, Herri Pras merupakan pendiri Pencak Silat Garuda Indonesia (PSGI). Ia tidak memiliki background pendidikan agama islam secara formal maupun informal, Guru yang ia miliki yaitu medsos dan google, karena semua hasil konten yang ia publish berdasarkan research di kedua tools tersebut.

Banyak perkara-perkara yang ia sesatkan, bahkan beberapa kali ia saling membalas hujjah dengan ulama saleh dan berilmu dari madura yakni Lora Ismael Al Kholilie Bangkalan. Ia menyanggah beberapa kali tulisan dari Lora ismael atas konten yang diunggahnya.

Beberapa kali video ia disanggah oleh Lora Ismael namun ia menanggapi berbeda dengan "konteks" yang dibahas. Hal inilah yang membuat Lora Ismael berhenti menanggapi Herri pras, karena beberapa kali diberikan jawaban namun memberi tanggapan lain yang tidak sesuai konteks yang disanggah oleh Lora, Contohnya seperti mengenai status hadits lalu pindah ke perawi, begitu dan seterusnya. 

Tak heran jika ulama saleh sekelas Lora Ismael tak melanjutkan kembali, sebab Herri pras selalu mencari pembenaran bukan kebenaran, bahkan tak satupun tulisan panjang yang ditujukan kepada herri ditanggapi atau minimal dipahami, namun mengalihkan ke topik yang lain, Sungguh adab diskusi yang buruk. 

$ads={1}

Beginilah sifat wahabi, khususnya mereka yang tidak memiliki ilmu tapi menantang ahli ilmu. Mereka sering memberikan dalil dan tanggapan namun giliran diberi tanggapan balik tidak disimak, tidak dipahami dengan baik bahkan bersikap acuh tak acuh. Diskusi ini tidak akan selesai dan menemui titik temu jika selalu merasa benar dan yang lain salah.

Banyak konten-konten yang dibuat olehnya membuat kontroversi serta perdebatan dikalangan umat diantaranya yaitu: 

1. Menyebutkan aswaja meminta-meminta ke kuburan

2. Mengatakan Tahlilan dari ajaran Hindu

3. Mengkritik bacaan al-fatihah Habib Umar bin hafidz

4. dan lain sebagainya

Baca juga: Khalid Basalamah; Ulama Salafi yang Paling Banyak Salah

Sebenarnya topik-topik yang ia angkat adalah isu klasik dan sudah kelar dibahas (silahkan cari di google). Bahkan ulama-ulama panutannya sudah tidak mengangkat isu itu kembali, sebagian dari ulama mereka seperti Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang dulunya membid'ahkan dzikir berjama'ah namun sekarang menarik ucapannya dan meminta maaf. Hal ini dikarenakan ia telah mempelajari kitab lebih banyak dibandingkan dulu saat ia awal-awal jadi wahabi.

Namun pengikut garis keras seperti Herri Pras inilah yang membuat jagat media sosial menjadi panas. Tidak tahu motif apa dibalik konten yang dibuatnya, yang jelas dan kami tahu bahwa tujuan utamanya untuk memperoleh penghasilan melalui Google Adsense dari kanal youtubenya.

Lucunya lagi, Jumhur ulama wahabi mengharamkan Adsense, tapi ia sendiri menghalalkannya. Kalau ia ikut fatwa ulama wahabi maka tak elok jika "melanggar" fatwa para ulamanya dan hukumnya dosa besar, mengingat pemahaman wahabi sangat keras pada suatu pendapat, namun herri berbeda.

Meskipun begitu, Pengikut wahabi garis keras seperti herri ini akan selalu ada sampai akhir zaman. Ia merasa dirinya paling Haq, paling suci dan golongan yang lain salah, bahkan sebagian dari mereka lisannya mudah menyesatkan dan memasukkan ke dalam golongan neraka jika mengamalkan tahlilan, maulidan dan amaliyah aswaja lainnya.

Baca juga: Wahabi dan Kerajaan Saudi: Sejarah dan Hubungannya

Tidak hanya itu, Fakta yang tidak banyak diketahui banyak orang bahwa kelompok terorrist kebanyakan bermazhab wahabi garis keras. Kebanyakan rujukan kitab mereka dari karangan Muhammad bin Abdul Wahab. Kenapa bisa? yah bisa saja, tidak ada yang tidak mungkin.

Dari level seperti Herri Pras saja sudah mudah menyesatkan, bagaimana yang garis kerasnya? Wajar saja yang sesama muslim dapat dikafirkan, apalagi jika mengingat pristiwa tahun 1800 lalu saat tragedi di mekkah, Wahabi membunuh banyak kaum muslimin karena dianggap sebagai "pelaku musyrik, syirik". Ini merupakan sejarah kelam yang tidak bisa dilupakan umat muslim di dunia, khususnya ahlusunnah wal jama'ah. Hanya karena ingin menguasai kotak suci mekkah dan madinah kelompok mereka bekerja sama dengan klan saud, dan berdirilah kerajaan arab saudi yang bermazhab wahabi saat ini.

Penulis: Hendra, S/ rumah-muslimin

Demikian Artikel " Herri Pras; Konten Kreator Wahabi Yang Suka Menyesatkan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close